Hi Bestie! Ini, lho, Alasan Pertemanan Kita Bisa Awet

Alasan Pertemanan Bisa Awet – Fellas, menurut kalian apa saja, sih, anugerah yang sudah atau ingin kalian miliki dalam kehidupan kalian? Pasti beberapa di antara kalian menyebutkan teman atau sahabat, bukan? Yup, anugerah bukan cuma soal materi. Memiliki teman yang dapat kita ajak untuk melewati momen senang dan susah adalah hal yang patut kita syukuri karena tidak semua orang bisa memilikinya.

Terkait dengan pertemanan, menurutmu apa yang membuat kamu dan temanmu bisa menjadi akrab? Padahal dulunya kalian cuma orang asing, ya. Memang ada beberapa faktor yang bisa membuat satu orang dengan orang lainnya memiliki ketertarikan untuk membangun hubungan pertemanan. Pasti salah satu dari alasan yang akan kita bahas di artikel ini jadi faktor penyebab hubunganmu dengan bestie jadi langgeng. Simak, yuk!

Mengapa Kita Bisa Berteman dengan Seseorang?

Hubungan pertemanan yang fellas jalin dengan orang lain pastinya ada alasannya, dong. Temanmu saat ini pasti memiliki faktor tertentu yang membuat kamu tertarik untuk menjadikannya sebagai teman.

Teori interdependensi menjelaskan bahwa hubungan satu orang dengan orang lain itu dibangun untuk pemenuhan kebutuhan, yang mana melibatkan adanya “penghargaan” dan pengeluaran “biaya”. Meskipun antara satu orang dengan orang lain memberikan penghargaan atau biaya yang berbeda, hubungan akan tetap dapat terjalin dengan baik jika penghargaan yang didapat lebih besar daripada biaya yang dikeluarkan.

Teori tersebut juga mengungkapkan bahwa faktor yang memengaruhi pertemanan adalah karena adanya kesamaan. Kesamaan apa saja, sih, itu?

  1. Komunikasi dan keterbukaan
    Sprecher dan Duck (1994) menemukan bahwa kualitas komunikasi antara dua orang akan memengaruhi keinginan mereka untuk menjalin pertemanan atau tidak. Lalu Archer, Berg, dan Runge (1980) juga menemukan bahwa mahasiswa yang secara timbal balik mengungkapkan informasi yang sangat intim satu sama lain cenderung memiliki ikatan pertemanan yang lebih kuat.
  2. Selera humor
    Tidak bisa dimungkiri kalau kamu dan bestie pasti punya selera humor yang sama a.k.a. sefrekuensi, bukan? Penelitian oleh Fraley dan Aron (2004) mengungkapkan bahwa memang benar kalau selera humor itu memediasi hubungan pertemanan kalian.
  3. Faktor situasional
    Terdapat beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa faktor situasional juga berpengaruh terhadap proses pembentukan pertemanan. Misalnya, penelitian oleh Segal (1974) menunjukkan bahwa persahabatan terjadi antara peserta pelatihan polisi yang nama belakangnya mirip secara alfabetis karena mereka duduk berdasarkan abjad.
  4. Penampilan
    Penampilan yang dimaksud di sini adalah bagaimana kita menampilkan diri kepada orang lain. Orang akan cenderung untuk menjalin pertemanan dengan orang lain yang memiliki penampilan yang mirip dengan diri mereka sendiri. Jadi, bisa dikatakan kalau penampilan kita juga ikut memengaruhi apakah orang mau menjalin hubungan dengan kita atau tidak.

Teman Berpengaruh bagi Kebahagiaan

Semua hubungan yang kita jalin dengan orang di sekitar kita itu memang penting. Akan tetapi, tidak semuanya dapat membawa kebahagiaan yang benar-benar berarti untuk hidup kita.

Dilansir Psychology Today, ada beberapa jenis pertemanan yang biasa dimiliki oleh seseorang, seperti teman seumur hidup, sahabat, teman dekat, teman dalam grup sosial atau teman yang kamu kenal namun tidak terlalu dekat, ataupun teman yang kamu temui ketika melakukan aktivitas tertentu, seperti teman gym.

Dari jenis teman yang disebutkan tadi, teman seumur hidup, sahabat, dan teman dekat yang kita miliki adalah jenis teman yang paling berkaitan dengan tingkat kepuasan kita dalam hidup. Temuan dari beberapa penelitian juga sepenuhnya mendukung bahwa terlibat dengan orang lain untuk mengisi hidup kita itu sangat bermanfaat. Lalu mengenai kuantitas, kamu sendirilah yang bisa menilainya, tentang seberapa banyak sahabat, teman dekat, atau koneksi yang kamu perlukan dalam hidupmu.

Pertemanan antara Pria dan Wanita Berbeda

Psikolog bernama Keelah Williams dan rekan-rekannya mengeksplorasi perbedaan jenis kelamin dalam menjalin pertemanan. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa sebagian besar pria lebih menyukai teman yang memiliki kekayaan dan status sosial, sementara wanita lebih menyukai teman yang menawarkan dukungan secara emosional.

Secara lintas budaya, pria cenderung memiliki lebih banyak teman, akan tetapi hubungan tersebut tidak lebih intim dibandingkan pertemanan antara wanita. Wanita juga lebih mungkin daripada pria untuk mengidentifikasi orang-orang yang dekat dengan mereka, apakah seseorang itu adalah sahabat, teman dekat, atau hanya sekedar teman. Pria dalam hal ini umumnya hanya menggunakan kata teman dan mereka cenderung tidak begitu mengharapkan persahabatan dibandingkan wanita.

Tips untuk Membangun Pertemanan dengan Orang Baru

Untuk fellas yang masih merasa kesulitan untuk membangun hubungan pertemanan, kita coba dengan beberapa tips berikut ini, yuk!

  1. Cobalah untuk bergabung dengan klub atau komunitas tertentu, misalnya komunitas yang sesuai dengan hobi kamu. Ini akan membantumu karena orang yang berada dalam komunitas tersebut cenderung untuk memiliki ketertarikan yang sama denganmu.
  2. Bersikaplah ramah dengan orang-orang baru yang kamu temui. Entah itu dengan pedagang kaki lima di sekitar rumah sekalipun kamu juga bisa menjalin pertemanan. Membawa hal positif kepada orang lain secara tidak langsung akan membuatmu dalam suasana hati yang positif juga.
  3. Tunjukkan minat atau antusiasmu saat berkenalan dengan orang baru. Ini akan membuat orang yang kamu ajak ngobrol merasa dihargai dan tertarik untuk menjalin pertemanan yang lebih dekat.

Penulis : Dwi Nantari
Editor : Noor Faa’izah
Desain : Zordy
SEO Editor : Adinda Zahra


Referensi :

  1. Campbell, Kelly, Nicole Holderness, dan Matt Riggs. (2015). Friendship chemistry: An examination of underlying factors. The Social Science Journal. https://dx.doi.org/10.1016%2Fj.soscij.2015.01.005
  2. Degges-White, Suzanne. (2018). Friendology: The Science of Friendship. Psychology Today. https://www.psychologytoday.com/us/blog/lifetime-connections/201805/friendology-the-science-friendship#:~:text=Models%20of%20friendship%20show%20that,disclosure%2C%20similarity%2C%20and%20closeness.
  3. Degges-White, Suzanne. (2021). The 7 Types of Friends and Which Is Most Essential for Our Happiness. Psychology Today. https://www.psychologytoday.com/us/blog/lifetime-connections/202111/the-7-types-friends-and-which-is-most-essential-our-happiness
  4. McAndrew, Frank T. (2022). Why Male and Female Friendships Are So Different. Psychology Today. https://www.psychologytoday.com/us/blog/out-the-ooze/202204/why-male-and-female-friendships-are-so-different
  5. Robinson, Kara Mayer. How to Make New Friends. WebMD. https://www.webmd.com/balance/features/how-to-make-new-friends