Alter Ego: Beda Akun Sosmed Beda Kepribadian?

“Eh image Si A di sosial media beda banget yaa sama aslinya,” di antara kita pasti pernah sesekali terbersit pemikiran serupa ketika melihat persona atau image yang ditunjukkan seseorang di sosial media berbeda dengan realitanya. Tak hanya berbeda dengan realita, bahkan seseorang juga bisa menunjukkan persona yang berbeda di berbagai akun sosial media yang dimiliki. Kalian juga gitu nggak, sih fellas?

Lantas apa ya, yang membuat orang-orang kerap kali menunjukkan persona yang berbeda dalam bersosial media? Kalau dalam ilmu psikologi sih, itu ada kaitannya dengan alter ego. Wah, apa sih alter ego itu dan apa hubungannya dengan konstruksi persona individu yang berbeda di setiap akun media sosial, ya? 

Yuk, simak pembahasan lengkapnya disini! 

Alter Ego dalam Psikologi dan Sosial Media 

Dalam ilmu psikologi alter ego dipahami sebagai sisi sekunder atau kepribadian lain yang berbeda dengan kepribadian asli dari seseorang. Terdapat 5 poin penting untuk mendefinisikan alter ego, yakni: : 

  1. Your idealized self
    Dalam lubuk hati terdalam, pastinya kita memiliki gambaran karakter ideal baik dari segi penampilan maupun kepribadian. Oleh karena itu, alter ego hadir untuk memenuhi keinginan kita akan karakter ideal yang tidak dapat direalisasikan.
  2. The “other-self” 
    Alter ego merupakan output atau kepribadian lain dari proses pembentukan ego yang berbeda dari kepribadian asli diri kita.
  3. The evil part of your soul
    Terdapat sisi buruk atau gelap dalam diri manusia yang cenderung tersembunyi dan tidak diketahui oleh orang lain. Alter ego juga dapat berperan dalam mewujudkan sekaligus menyembunyikan sisi buruk seseorang dalam kehidupan.
  4. Your trusted friends 
    Alter ego juga hadir sebagai ‘teman dekat’ yang bisa memahami isi hati dan pikiran kita sehingga dapat membantu kita untuk menyelesaikan suatu permasalahan yang sedang dihadapi.
  5. The intentionally designed personality 
    Berkaitan dengan karakter ideal yang kita impikan, alter ego dapat digunakan untuk membentuk image diri kita yang baru sesuai dengan yang kita inginkan.

Alter ego juga dapat diwujudkan dalam bersosial media. Perwujudan ini biasanya merujuk pada individu yang memiliki banyak akun sosial media dengan image atau fungsi yang berbeda, hal ini biasa kita sebut dengan istilah alter account

Fenomena ini bisa kita temukan di berbagai platform media sosial, contohnya instagram dan twitter. Pengguna akun-akun tersebut biasanya punya beberapa akun dengan image yang berbeda. Terdapat akun yang dikhususkan untuk menunjukkan persona diri yang formal, cool, dan berwibawa, tapi ada pula akun yang dibuat untuk menunjukkan sisi mereka yang santai, spontan, lucu, dan lebih apa adanya. 

Penyebab Munculnya Alter Ego 

Kalian mungkin jadi bertanya-tanya, kenapa sih alter ego bisa muncul? 
Well, berikut ini merupakan beberapa penyebab alter ego muncul dalam diri seseorang:

  1. Kebutuhan untuk diterima oleh orang lain 
    Adanya keinginan untuk bisa diterima di lingkungan sosial membuat seseorang punya kecenderungan untuk menunjukkan persona yang sekiranya dapat diterima oleh masyarakat, oleh karena itu, mereka membutuhkan alter ego untuk membentuk ideal self versi mereka agar dapat diterima dan bergaul di dalam masyarakat.
  1. Bentuk manifestasi ideal dari diri kita 
    Insting manusia untuk menjadi sempurna terkadang menuntut mereka untuk melakukan apapun agar kebutuhan tersebut dapat terpenuhi. Namun, seperti yang kita tahu bahwa tak ada manusia yang sempurna, ada kelebihan dan juga kekurangan. Dengan alter ego, seseorang bisa mengobati ego dirinya yang terluka karena mereka bisa membangun ideal self yang sekiranya tidak bisa direalisasikan dengan alternatif lain. 
  1. Konsep diri individu akan dirinya
    Konsep diri yang rendah berupa rasa insecure menimbulkan ketidakpuasan yang menyebabkan mereka membutuhkan alter ego untuk menekan rasa tidak puas tersebut dengan membentuk ideal self.

Manfaat Alter Ego 

  1. Memotivasi diri agar menjadi lebih baik 
    Memiliki kepribadian lain melalui alter ego dapat memotivasi diri untuk menjadi lebih baik dan progresif karena kita memiliki gambaran akan ideal-self dari diri kita. 
  1. Meningkatkan kepercayaan diri dalam lingkungan sosial 
    Alter ego yang muncul untuk memenuhi ekspektasi lingkungan membuat kita bisa menumbuhkan rasa percaya diri karena kita
    menyadari bahwa kita diterima di dalam masyarakat dan kehidupan sosial.
  2. Mengurangi stres dan tekanan dalam diri 
    Tekanan dari diri sendiri atau lingkungan untuk menjadi ‘sempurna’ menyebabkan kita merasa lelah dan stres. Guna mengatasi hal ini, kita bisa memanfaatkan alter ego ataupun alter account untuk mengurangi tekanan tersebut.

Well, punya alter ego sekaligus alter account bukan hal yang aneh dan perlu ditakuti kok! Lewat pembahasan ini semoga kalian bisa memahami diri dengan lebih baik dan memanfaatkan alter ego untuk kepentingan yang positif ya, fellas! 


Penulis : Shivaherninda
Editor : Lala
Desain : Yafi
SEO Editor : Della AP


Referensi