Apakah Kita Bisa Mengubah Seseorang?

Ketika ada hal-hal yang mengganggu kita, biasanya kita akan cenderung melihat situasi lingkungan dan menyalahkan orang lain karena merasa mereka yang menyebabkan ketidaknyamanan tersebut.

Kemudian berharap adanya perubahan dari mereka, agar kita dapat merasa lebih nyaman, atau sekedar berpikir bahwa perubahan tersebut adalah baik untuk mereka.

Siapapun dapat berusaha untuk mengubah kebiasaan atau perilaku tertentu. Namun, Sebelum kamu berusaha untuk mengubah seseorang, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan.

Hal yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Mengubah Seseorang:

1. Perubahan itu untuk siapa?

Cobalah untuk berpikir kembali, perubahan yang kamu inginkan tersebut untuk kebaikan mereka, atau hanya untuk memenuhi egomu semata?

2. Kamu tidak bisa memaksa perubahan

Suatu saat mungkin kamu merasa mendapatkan motivasi untuk membuat suatu perubahan terhadap seseorang dan memberi perubahan positif. tetapi ingatlah bahwa kamu tidak dapat mengontrol tindakan orang lain.

3. Perubahan butuh waktu

Saat mengharapkan perubahan dari orang lain, jangan berharap sukses dalam semalam. Mereka melalui proses yang cukup sulit. Mendorong dan memuji upaya mereka dapat membantu membangun tekad mereka untuk terus mencoba.

Seseorang tidak bisa berubah dengan cara yang tidak mereka sanggupi. Mencoba mengubah orang lain dalam waktu yang singkat dapat memberikan perasaan tidak nyaman bagi mereka karena perubahan seringkali rumit, dan tidak selalu terjadi seperti yang kamu bayangkan. Hargai dan nikmati proses setiap perubahan.

Tapi, yang perlu kamu ketahui adalah, Perubahan adalah kemungkinan, bukan pemberian. Jangan pernah berharap seseorang berubah demi dirimu karena mungkin akan sangat sulit karna perubahan tersebut bukan dari dirinya sendiri.

Biasanya, perubahan tidak dapat terjadi sampai seseorang menginginkannya untuk dirinya sendiri. Jika dia tidak yakin bisa berubah, maka mungkin itu tidak akan berhasil.

Untuk kamu yang sedang berharap akan perubahan baik seseorang, temani dan dukung dia terus secara perlahan, ya!Untuk kamu yang sedang berada dalam proses perubahan menuju lebih baik, Memang tidak mudah, tapi lihatlah kebelakang! Lihat proses yang sudah kamu lalui sejauh ini. Kamu luar biasa! Semangat!

Penulis: Chandadya S.
Desain oleh: Tri Wulandari
Editor: Nida Zhafira

Referensi:

  1. Colier, Nancy. (2016). You Can’t Change Someone Else. But You Can Do This. Psychology today. Diambil dari https://www.psychologytoday.com /us/blog/inviting-monkey-tea/201603/you-cant-change-someone-else-you-can-do
  2. Manson, Mark. No, You Can’t Make a Person Change. Diambil dari  https://markmanson.net /no-you-cant-make-a-person-change
  3. Sherman, Jeremy. (2016). Is “You Can’t Change People” True?. Psychology Today. Diambil dari  https://www.psychologytoday.com /us/blog/ambigamy/201604/is-you-can-t-change-people-true
  4. Legg, Timothy. (2020). People Can Change, But That Doesn’t Mean They Will. Healthline. Diambil dari  https://www.healthline.com /health/do-people-change#considerations

I Am Okay
I Am Okay merupakan wadah kolaborasi sosial berbentuk kampanye edukasi pentingnya kesehatan mental bagi remaja Indonesia.