I Am Okay Indonesia

Begini Membangun Keluarga Tiri yang Harmonis

Indonesia termasuk negara yang memiliki angka perceraian yang tinggi. Tingginya angka ini membentuk hubungan baru dalam beberapa tahun terakhir, menjadikan keluarga tiri sebagai salah satu jenis unit keluarga yang paling umum.

Membangun keluarga tiri atau keluarga campuran adalah sebuah tantangan bagi hampir semua keluarga. Namun, tantangannya bergantung pada orang-orang yang terlibat dan keadaan mereka. Secara umum, ada kelebihan dan kekurangan dari keluarga tiri. Kesabaran, rasa hormat, komitmen, dan waktu diperlukan untuk mengatasi rintangan apa pun.

Apa itu Anggota Keluarga Tiri?

Anggota keluarga tiri merupakan unit keluarga yang dibentuk oleh persatuan orang tua, salah satu atau keduanya membawa anak atau anak-anak dari pasangan sebelumnya ke dalam rumah tangga baru. Ini juga kadang disebut keluarga campuran; keluarga yang dibentuk kembali.

Tantangan Dalam Keluarga Tiri

Ketika keluarga tiri terbentuk, para anggota mungkin tidak memiliki sejarah keluarga yang sama atau cara yang sama dalam melakukan sesuatu, dan mereka mungkin memiliki sistem kepercayaan yang sangat berbeda yang mungkin mencakup latar belakang etnis atau pendidikan, atau agama yang berbeda.

Selain itu, seorang anak mungkin merasa terpecah antara orang tua yang paling sering tinggal bersama mereka dan orang tua lain yang mereka kunjungi (misalnya tinggal di tempat lain). Juga, pasangan yang baru menikah mungkin tidak punya banyak waktu bersama untuk menyesuaikan diri dengan hubungan baru mereka, sehingga hal ini menjadi salah satu  tantangan terbesar.

Dengan kata lain menjadi bagian dari keluarga tiri berarti harus menyesuaikan diri dengan sejumlah perubahan, baik bagi orang tua maupun anak. Orang-orang muda dari berbagai usia cenderung merasakan hal yang berbeda tentang hal ini pada awalnya.

Mereka mungkin mengalami berbagai perasaan, termasuk kemarahan, kecemburuan, kebencian, kebingungan, sakit hati, dan putus asa. Ini semua alami dan merupakan bagian dari proses kehilangan dan kesedihan. Mereka akan lulus, dengan dukungan dari pengasuh. Penting untuk tidak menyalahkan anak jika mereka menyebabkan masalah atau merasa marah, sedih, atau kesal. Sebaliknya, mereka membutuhkan pengertian.

Keuntungan Mendapatkan Keluarga Tiri

Meski awalnya banyak anak-anak dan remaja merasa bingung dan kesal pada awalnya, tetapi sebagian besar akhirnya senang karena mereka adalah bagian dari keluarga tiri. Setelah semua orang terbiasa dengan perubahan dan mengenal satu sama lain, mungkin ada banyak hal baik yang disukai tentang perubahan tersebut, khususnya pada anak-anak. Beberapa diantaranya:

  • Hal baik untuk memiliki orang dewasa ekstra untuk merawat mereka, serta orang tua mereka.
  • Anak-anak menikmati standar hidup yang lebih tinggi berkat pendapatan gabungan.
  • Memiliki anggota keluarga tambahan berarti lebih banyak orang untuk diajak bicara dan anak-anak lain untuk diajak bermain.
  • Rasanya lebih aman dan nyaman.
  • Senang melihat orang tua bahagia lagi.
  • Ada lebih banyak hadiah di hari ulang tahun dan hari-hari besar lainnya.

Bagaimana Membangun Keluarga Tiri yang Harmonis?

  1. Berlatih Kesabaran dan Pemahaman

Perpaduan keluarga itu ibarat lari maraton, bukan lari cepat. Berkomitmen pada perjalanan dan temukan cara untuk menikmati dan belajar dari setiap momen kebahagiaan dan frustasi yang menyertainya. Apakah saudara tiri kamu menggoda karena menang lagi selama malam permainan keluarga? Apakah saudara tiri kamu bertentangan dengan keinginan kamu? Hal-hal seperti ini harus dibicarakan dengan jujur, tenang, dan penuh hormat. Dengan setiap kesalahan atau kesalahpahaman, ingatlah bahwa kamu dan keluarga berada di tim yang sama.

  1. Bangun Ikatan yang Kuat

Anggota keluarga campuran baru perlu membangun ikatan yang kuat di antara mereka sendiri. Beberapa cara yang bisa kamu lakukan adalah mengakui perbedaan, mengembangkan keterampilan baru bersama, melakukan piknik keluarga, lebih banyak makan malam bersama, dan sebagainya.

  1. Buat Sistem Keluarga Unik Anda Sendiri

Penelitian Bray menemukan bahwa keluarga tiri seringkali tidak merasa seperti satu kesatuan sampai beberapa tahun setelah pembentukan. Beri diri kamu waktu untuk berkumpul dan berkembang sebagai sebuah keluarga. Kamu dapat membantu proses ini dengan menetapkan beberapa tradisi keluarga khusus seperti pizza mingguan dan malam menonton film atau jalan-jalan bulanan ke restoran favorit keluarga kamu. Pengalaman bersama seperti ini dapat membantu ikatan keluarga dan membentuk identitas unik mereka sendiri.

Menerima adanya keluarga baru memang membutuhkan waktu bagi seorang anak atau remaja untuk menyesuaikan diri dengan semua perubahan yang dibawa oleh keluarga tiri. Mungkin sulit bagi kamu untuk berbagi rumah dengan orang yang tidak kamu kenal dengan baik dan lebih sulit lagi jika itu melibatkan pindah ke rumah lain di lingkungan baru.

Namun seiring berjalannya waktu, kamu hanya perlu terbiasa menerima perubahan dan perbedaan, dan secara perlahan keluarga baru kamu akan menjadi support system kamu.


Penulis: Abd. Hamid
Editor: Noor Faa’izah
Desain: Hemal
SEO Editor: Hafizh