Berteman Dengan Eustress, Si Stress Positif

Eustress Fellas, siapa yang selama pandemi ini pernah merasa stress? Berbicara tentang stress, pasti yang terlintas di benak kalian adalah hal yang negatif. Namun, ternyata ada juga loh stress yang bersifat positif! Namanya Eustress. Siapa sih dia? Yuk baca artikel ini agar dapat berteman dengan Eustress, si stress positif!

Eustress VS Distress

Pada dasarnya, stress dibagi menjadi dua jenis, antara lain Eustress dan Distress. Stress yang umumnya kita alami disebut dengan Distress yang merupakan stress negatif. Jenis stress ini membuat siapapun yang mengalaminya akan merasa tertekan dan terbebani.

Bahkan, dampak dari Distress ini dapat mempengaruhi kesehatan mental. Berbanding terbalik dengan Distress, Eustress menjadi jenis stress yang sering dianggap sebagai stress yang menyenangkan

Perbedaan dari keduanya terletak pada bagaimana kita bereaksi pada stressor atau penyebab stress. Setiap orang memiliki kapasitas yang berbeda dalam menghadapi stress. Ketika kita mampu mengelola stressor menjadi pemicu yang positif, maka stress tersebut akan menjadi Eustress dan begitu pula sebaliknya.

Gambaran Eustress

Umumnya, stress selalu dianggap sebagai kondisi yang bersifat negatif dan destruktif bagi kesehatan mental maupun fisik. Padahal, tidak semua stress bersifat negatif, loh. Salah satu jenis stress yang dikenal dengan Eustress merupakan jenis stress yang tidak merusak kesehatan mental dan fisik.

Biasanya, Eustress dipicu oleh peristiwa yang kita hadapi dan bersifat menyenangkan atau menegangkan. Jenis stress ini bisa kita alami di segala kondisi mulai dari tempat kerja, hubungan interpersonal, hingga hubungan keluarga.

Gambaran Eustress dalam kehidupan sehari-hari misalnya dapat kita jumpai pada ketegangan yang dirasakan ketika menonton film horor, kegembiraan saat menaiki roller coaster, pengalaman nge-date pertama kali, mencoba hobi baru, perasaan saat hari pertama masuk kerja, dan stress yang kita rasakan ketika menghadapi ujian. Beberapa kegiatan tersebut akan membuat kita menjadi rajin belajar dan mempersiapkan diri.

Mengapa Eustress disebut dengan Stress Positif?

Eustress disebut sebagai jenis stress yang positif karena memproduksi perasaan positif berupa kegembiraan, excited, dan kepuasan. Eustress menjadi stress yang positif karena membuat kita menjadi lebih produktif, merasa tertantang, dan membantu kita agar tetap termotivasi ketika dihadapkan dengan sebuah tantangan.

Oleh karena itu, Eustress penting untuk kita miliki dalam hidup. Tanpa Eustress, kita akan merasa kurang termotivasi dalam mencapai tujuan, kurang bersemangat menjalani keseharian, bahkan merasa bahwa hidup kurang bermakna.

Apa Aja sih, Manfaat Eustress?

Adanya Eustress dalam kehidupan sehari-hari dapat membantu kita dalam meningkatkan resiliensi, yaitu kemampuan menyesuaikan diri ketika berada di bawah tekanan. Dengan resiliensi yang tinggi, kita akan mampu melewati berbagai tantangan dengan lebih baik.

Selain itu, mengalami stress positif dapat membuat kita lebih termotivasi untuk melakukan hal-hal baru dengan keluar dari zona nyaman. Meskipun demikian, perlu diingat lagi bahwa Eustress masih berpotensi untuk menjadi Distress jika berlangsung terlalu lama.

Bagaimana sih Cara Mengelola Stress?

  1. Mengafirmasi Diri Sendiri
    Cara pertama adalah dengan memberikan afirmasi positif pada diri sendiri. Cobalah untuk meyakinkan pada diri sendiri bahwa kamu akan sanggup menghadapi tantangan.
  2. Kenali Batas Kemampuan Diri
    Dengan mengenali batas kemampuan diri, kita bisa menjadi lebih fokus pada hal-hal yang bisa kita kendalikan. Sehingga, kita tidak terlalu memaksakan diri hingga dapat membuat diri kita merasa tertekan.
  3. Mengubah Cara Pandang
    Untuk mengelola stressor agar menjadi stress yang positif, yang perlu kita lakukan adalah dengan melihat sebuah permasalahan dari berbagai sisi dan mencoba mengelola permasalahan tersebut melalui cara pandang yang berbeda. Dengan berfokus pada sisi positif dari sebuah masalah, nantinya akan mengubah rintangan yang membebani menjadi tantangan yang dapat membangun diri kita.
    Stress, baik positif maupun negatif, adalah bagian yang normal dari kehidupan. Kita mungkin tidak memiliki kendali atas beberapa stress negatif yang kita alami, tetapi kita dapat mencari cara agar terdapat lebih banyak Eustress dalam hidup kita. Awalnya, kita pasti akan membutuhkan waktu untuk bisa menerapkannya. Namun, dengan terus mencoba, kita pasti akan mampu mengubah stress yang negatif menjadi stress yang positif. Tetap semangat ya, Fellas.

Penulis: Shellta Mallarangi
Editor: Aski
Desain: Riska
SEO Editor: Adinda Zahra


Referensi:

  1. Lindberg, S. (2019, January 3). Why eustress is good stress. Healthline. Retrieved June 15, 2022, from https://www.healthline.com/health/eustress
  2. Na’imah, S. (2021, November 12). Cara mendeteksi stress baik dan mengoptimalkannya. Hello Sehat. Retrieved June 15, 2022, from https://hellosehat.com/mental/stres/apa-itu-eustress/
  3. Scott, E. (2022, May 11). Why eustress is good for you. Verywell Mind. Retrieved June 15, 2022, from https://www.verywellmind.com/what-you-need-to-know-about-eustress-3145109#:~:text=Eustress%20refers%20to%20stress%20that,as%20manageable%20and%20even%20motivating
  4. Wiebe, J. (2019, October 5). The good stress: How eustress helps you grow. Talkspace. Retrieved June 15, 2022, from https://www.talkspace.com/blog/eustress-definition-good-stress/