I Am Okay Indonesia

Cara Untuk Menjadi Jomblo Bahagia!

Menjadi seorang jomblo atau tidak memiliki pasangan seringkali dipandang menyedihkan dan kesepian. Bahkan orang disekitar seringkali mengejek sampai menjodohkan kita agar segera mendapatkan pasangan. Namun, tentunya, terdapat beberapa orang yang menjadikan status jomblo sebagai pilihan dan bahkan memiliki prinsip untuk menyendiri dalam waktu yang ia tentukan. Selain itu, terdapat pula orang-orang yang memang ingin menyiapkan diri terlebih dahulu sebelum terlibat di dalam hubungan romantis, tentunya dengan status jomblo tersebut kita tetap ingin bahagia bukan? Yuk kita simak artikelnya!

Berdasarkan Kislev (2019) menjadi seorang jomblo di usia 20an ternyata tidak sesulit itu, lho! Tidak jarang para remaja dan dewasa memilih status tersebut dan tetap bahagia. Kebahagiaan tersebut didapatkan dari kehidupan sosial, pekerjaan, persepsi diri, dan nilai dari orang tersebut. Bahkan, beberapa riset yang dijelaskan pada buku Kislev (2019) seseorang yang jomblo cenderung memiliki kehidupan sosial yang lebih bahagia karena dapat bersosialisasi dengan lebih luas dan perhatian kepada lingkungan sekitar, teman, rekan kerja, dan bahkan keluarga. Agar dapat memaksimalkan kebahagiaanmu sebagai jomblo yang keren, berikut tips khusus untukmu!

4 Tips Jadi Jomblo Bahagia

1.     Ubah Perspektif

Terkadang rasa kesepian justru datang dari pikiran sendiri, tapi tahukah kamu bahwa mengubah perspektif tidak hanya baik bagi pikiranmu tapi juga berdampak positif untuk kesehatanmu! Sebuah studi menemukan bahwa seseorang yang memilih status jomblo secara sukarela cenderung tidak akan merasa menyedihkan. Daripada hanya fokus terhadap kerugian menjadi seorang jomblo, lebih baik fokus pada kesempatan yang didapatkan.

2.     Fokus Pada Cita-Ccita

Saat mulai merasa frustasi terhadap status jomblomu, mengalihkan fokus dan energi pada tujuan lain akan membantu dirimu menjadi lebih percaya diri. Kamu dapat fokus untuk mengembangkan diri, melakukan kegemaran, ataupun mewujudkan ide-ide kreatif yang sempat kamu pikirkan. Khususnya di era saat ini, ada banyak sekali kelas online yang bisa kamu coba seperti mengikuti mini course, webinar, kursus Bahasa asing, dll. Tidak hanya meningkatkan kualitas diri, namun dengan tips ini kamu juga akan semakin mengenali diri dan paham terhadap pasangan seperti apa yang sebenarnya kamu butuhkan.

3.     Berhenti Membandingkan

Dalam konteks apapun, tidak seharusnya kamu membandingkan diri kepada siapapun apalagi jika sampai membuat kamu terus mengucilkan diri. Kamu tidak akan tahu setiap detail dari hubungan orang lain, bahkan bisa saja kamu hanya terus melihat sisi positifnya saja dan membandingkan kepada seluruh cerita dalam hidupmu. Setiap hubungan memiliki “naik-turun”nya sendiri, dan bahkan jika memang hubungan itu tampak sempurna, bukan berarti hal itu yang kamu butuhkan.

4.     Bertemu Dengan Orang Baru

Status jomblo mengartikan seseorang tidak dalam berada dalam suatu hubungan ataupun komitmen yang memberikan fleksibilitas. Bertemu dengan orang baru bisa membantumu untuk menemukan lebih banyak teman dan bahkan pasangan di masa depan.         Selain bisa menjadi lebih bahagia, status jomblo pun sebenarnya membawa banyak sekali keuntungan. Semuanya tergantung dari bagaimana kamu memanfaatkan situasi yang ada. Daripada terus merasa terpuruk dengan status jomblomu, yuk kita fokus membahagiakan diri terlebih dahulu!

PIC: Fadila KR
Editor: Nurul Malahayati
Desain: Zordy

Link artikel: iamokay.id/s/jomblo-bahagia

Referensi

  1. Kislev, E. (2019). Happy singlehood: The rising acceptance and celebration of Solo Living. University of California Press.
  2. https://www.verywellmind.com/how-to-feel-better-about-being-single-5101119
  3. https://www.psychologytoday.com/intl/blog/living-single/201904/what-makes-single-people-happy
I Am Okay
I Am Okay merupakan wadah kolaborasi sosial berbentuk kampanye edukasi pentingnya kesehatan mental bagi remaja Indonesia.