Hangout Sendirian Sebenarnya Aneh Nggak, sih?

Ada beberapa orang yang menganggap bahwa hangout sendirian itu menyenangkan, santai, dan bebas dalam menentukan pilihan. Namun, seringkali pemikiran mengenai loneliness or being alone itself menjadi momok bagi individu yang terbiasa dikelilingi oleh banyak orang dan jarang melakukan suatu aktivitas sendirian. 

Ditambah adanya stigma yang menganggap kalau hangout sendirian itu aneh, menyedihkan, bahkan dianggap tidak memiliki teman. Anggapan tersebut menyebabkan sebagian orang merasa ragu, malu, dan canggung untuk hangout sendirian. 

Hal ini juga sering dikaitkan dengan tipe kepribadian introvert dan ekstrovert. Si Introvert dianggap lebih bisa menikmati hangout sendirian, sedangkan Si Ekstrovert diyakini pasti merasa kesulitan untuk pergi sendirian. Kira-kira benar nggak, ya, Fellas?

Nah, kalau kamu termasuk dalam tipe individu yang merasa ragu, malu, dan canggung untuk hangout sendirian, coba simak penjelasan di bawah ini supaya kamu bisa menemukan apa sih enaknya hangout sendirian!

Perbedaan Antara Si Introvert & Si Extrovert

Stereotype yang paling sering kita dengar mengenai dua jenis kepribadian tersebut adalah bahwa introvert itu cenderung pemalu, pendiam, dan tidak suka berada di keramaian. Sedangkan ekstrovert itu ramai, punya banyak energi, dan merupakan seorang social butterfly.

Padahal faktanya, karakteristik paling mencolok yang membedakan introvert dan ekstrovert adalah bagaimana cara mereka memperoleh energi atau recharge. Si Ekstrovert, cenderung memperoleh energi dan merasa bersemangat apabila bertemu dengan banyak orang. Sedangkan Si introvert, lebih memilih untuk menyendiri dan melakukan aktivitas sendirian guna me-recharge kembali dirinya. 

Jadi, aneh nggak sih, bagi introvert sama ekstrovert untuk hangout sendirian?

Bagi Si Introvert, tentunya hangout sendirian bukan lah masalah yang besar. Si Introvert yang memperoleh energi dengan menyendiri pastinya jauh lebih bisa menikmati me time dengan hangout sendirian. Apalagi kalau Si Introvert ini habis bersosialisasi dengan banyak orang, biasanya mereka mengalami introvert hangover dan butuh waktu untuk me-recharge energinya dengan menyendiri. 

Sedangkan bagi Si Ekstrovert, tidak menutup kemungkinan bagi mereka untuk hangout sendirian, namun hal itu bisa jadi cukup menantang untuk dilakukan. Si Ekstrovert yang lebih suka bersosialisasi akan merasa kurang bersemangat dan mengalami penurunan mood apabila terlalu lama menyendiri. 

Namun, baik introvert ataupun ekstrovert, keduanya mungkin saja pernah mengalami keragu-raguan atau canggung untuk hangout sendirian karena belum terbiasa ataupun karena takut dicap aneh dan nggak punya teman oleh orang lain. 

Benefit Hangout Sendirian

Well, jalan sendirian itu sebenarnya nggak aneh kok, fellas! Bahkan, dengan hangout sendirian ada banyak banget hal positif yang bisa kamu peroleh, lho. Nggak percaya? Yuk, simak beberapa benefit dari hangout sendirian :

  1. Kebebasan untuk diri kita sendiri 

Saat hangout sendirian kita punya kebebasan atas diri sendiri, kamu bisa pergi kemana dan kapan saja tanpa harus membuat janji dengan orang lain. Kamu nggak perlu ngerasa nggak enakan sama orang lain karena mengutamakan tujuan dan kepentinganmu. Terlebih, kamu juga nggak perlu melakukan sesuatu yang nggak kamu sukai demi orang lain. 

  1. Mengenal diri sendiri lebih baik 

Hangout sendirian memberikan banyak kesempatan untuk kita mengenal diri sendiri lebih jauh. Kita bisa merefleksikan kembali pemikiran, values, dan tujuan kita selama ini. Kamu juga jadi bisa memahami apa aja sih hal yang kamu sukai dan tidak sukai dengan lebih baik. 

  1. Tidak bergantung pada orang lain 

Menjadi pribadi yang independen itu menyenangkan, lho fellas! Kamu bisa melakukan semua hal sendirian tanpa bergantung pada orang lain. Dengan begitu, kamu bisa menemukan kebahagiaan dengan melakukan segala hal sesuai kemauanmu tanpa harus khawatir tentang orang lain. 

Solusi Supaya Hangout Sendirian-mu Tetap Seru dan Bermakna

  1. Tetapkan mindset “Aku nggak  takut akan penilaian orang lain”  

Dengan menetapkan mindset yang positif kamu bisa lebih percaya diri untuk hangout sendirian. Jangan takut untuk di judge aneh atau nggak punya teman. Faktanya, orang lain nggak se-tertarik itu kok dengan apa yang kita lakukan, mereka punya urusannya masing-masing. So, just enjoy and be happy minding your own business, fellas!

  1. Eksplorasi hal-hal baru 

Cobalah untuk melakukan aktivitas baru yang belum pernah kamu coba. Pergi ke tempat-tempat baru, eksplorasi tempat kuliner, coffee shop, toko buku, atau kalau misalkan kamu nih homebody akut, kamu bisa melakukan eksperimen kecil di dapur, menonton film dan series terbaru, atau mendekorasi ulang ruangan. 

  1. Buat To Do List 

Agar kamu nggak kebingungan ketika akan hangout sendirian, kamu bisa menyusun to do list untuk satu hari dan beraktivitas lah sesuai dengan rencana yang telah kamu tulis. Kamu juga bisa memberikan reward kecil untuk diri kamu sendiri karena telah berhasil menyelesaikan list tersebut dan berani untuk hangout sendirian. 

Hangout sendirian bisa jadi cukup menantang untuk sebagian orang, tapi itu bukan masalah besar kok! Selama kita mengetahui tujuan dan membiasakan diri untuk melakukannya, bisa jadi hangout sendirian justru jadi hobi baru untuk kamu. Reminder, don’t be afraid to step out from your comfort zone, fellas!

Glosarium 

Introvert Hangover : Keadaan ketika individu introvert mengalami kelelahan secara fisik dan emosional setelah bersosialisasi terlalu lama

Social Butterfly : Individu yang bersosialisasi secara aktif dan senang berteman dengan banyak orangHomebody : Sebutan untuk anak rumahan yang lebih senang menghabiskan waktu di rumah


Penulis: shivaherninda

Editor: Hera

Desain: Mega, Mita

SEO Editor:


Referensi:

I Am Okay
I Am Okay merupakan wadah kolaborasi sosial berbentuk kampanye edukasi pentingnya kesehatan mental bagi remaja Indonesia.