I Am Okay Indonesia

Ini Dia 4 Bentuk Cinta yang Kamu Butuhkan dalam Hidupmu!

Fellas, kalian tau gak apa itu cinta?

Apakah kalian mendefinisikannya sebagai perasaan yang menyebabkan sensasi berdebar di dada ketika kamu bertemu pandang dengan si dia? Apakah kalian menganggapnya sebagai kunci dari kelanggengan dari hubungan romansa? Atau bahkan menurut kalian cinta adalah beban yang hanya akan menjadi distraksi dalam mencapai ambisi? 

Hmm

Sebenarnya, sudah banyak ahli dan tokoh dari berbagai bidang studi yang mencoba untuk mendefinisikan apa itu cinta dari sudut pandang disiplin ilmunya masing-masing. Oleh karena itu, inti dari cinta ada bermacam-macam, diantaranya; 

  1. Insting alamiah
  2. Reaksi kimiawi di otak 
  3. Dependensi bio-psikologis  
  4. Bahkan sampai merambat ke ranah mitologis seperti ‘soul-mate’.

Tapi sebenarnya kenapa sih, kita membutuhkan cinta?

Semua kembali lagi kepada fakta dan hakikat dari manusia sebagai social animals, yang mana artinya kita adalah makhluk sosial yang butuh membangun relasi dan menjalin afeksi dengan orang lain agar dapat berfungsi—baik secara mental maupun physical—dengan baik. 

Dengan kata lain, manusia memiliki kebutuhan mutlak untuk mendapatkan kasih sayang.

Eh, tapi tunggu dulu! Cinta atau kasih sayang yang dimaksud tidak selalu harus didapatkan melalui hubungan romantis loh, ya!

Cinta atau rasa kasih sayang bisa didapat dari banyak hubungan relasi kamu dengan orang lain.

Rasa cinta dapat didapatkan melalui hubungan kasih sayang dalam persahabatan, keluarga, atau bahkan sesederhana rasa belongingness dalam suatu kelompok karena perhatian dan sikap baik yang kita dapatkan.

Jadi, kalau selama ini kalian berpikirnya jenis cinta itu hanya berupa hubungan romantis, kalian kurang tepat, ya!

Yuk, kenali 4 bentuk cinta yang kamu butuhkan dibawah ini!

Tidak selalu berkaitan dengan ‘oleh siapa’ kita diberikan cinta dan kasih sayang, kebutuhan akan cinta ini juga dapat dilihat melalui ‘seperti apa’ bentuknya, loh. Yuk kenali keempatnya!

  1. Mental Love

Mental love didasari oleh persepsi kita terhadap nilai-nilai ideal dalam diri orang lain. Mental love menekankan pada rasa hormat dan rasa menghargai terhadap perbedaan antara kita dan orang lain. Oleh karena itu, bentuk cinta yang satu ini sangat erat kaitannya dengan penerimaan dan kemampuan untuk mengenali diri sendiri secara luar-dalam. Hayo…, sudah seberapa kenal kamu dengan diri sendiri?  

  1. Physical Love

Seperti namanya, bentuk cinta yang satu ini menekankan pada afeksi atau intimasi yang dilandasi rasa percaya, kenyamanan, dan belongingness kepada seseorang. 

  1. Emotional Love

Bentuk cinta ini dilandasi oleh rasa kematangan dan kedewasaan kita dalam menyikapi suatu hal. Emotional love memberikan penekanan pada rasa pengertian terhadap suatu kejadian dan tidak membuat kita mudah untuk merasa down ketika dibanding-bandingkan dengan orang lain misalnya.

  1. Spiritual Love

Bentuk cinta yang ini lebih sifatnya lebih pribadi dan menekankan pada aspek mengenai cara kita memandang suatu kejadian dalam hidup. Hal ini membuat kita dapat memberikan pemaknaan sendiri terhadap kejadian dalam kehidupan kita. 

Nah, itu dia keempat bentuk cinta yang kamu butuhkan dalam hidupmu. Sekarang, apakah kamu sudah pernah mendapatkannya? Kalau kamu masih bingung dengan contohnya, berikut adalah beberapa contoh cara untuk mengidentifikasinya.

Cara untuk mengidentifikasi bentuk cinta yang kamu terima

Tapi sebelumnya, kamu juga harus sadar dengan siapa orang yang memberikanmu kasih sayang atau cinta. Apakah itu orang tua? Sahabat? Adik? Atau bahkan hewan peliharaan?

Kalau sudah, yuk, simak penjelasan dibawah ini!

  1. Mental love biasanya termanifestasi melalui penerimaan atau acceptance. Jadi, ketika orang lain menerima kamu apa adanya tanpa berusaha merubah dirimu, itu adalah salah satu bentuk mental love, fellas.
  2. Physical love, seperti namanya, termanifestasi melalui sentuhan seperti belaian rambut atau pelukan yang orang tuamu berikan. Dalam konteks hewan peliharaan, kalau kucingmu suka nempel terus sama kamu, itu juga merupakan salah satu bentuk physical love, loh!
  3. Emotional Love, dapat termanifestasi melalui misalnya ketika kamu lupa ulang tahun temanmu atau telat datang ke acara ulang tahunnya, mereka akan memberikan kesempatan untuk menjelaskan alasanmu tanpa menuding hal yang aneh-aneh atau juga misalnya ketika kamu gagal masuk universitas impianmu, kakakmu menyemangati dan membantumu untuk mencari alternatif lain sehingga kamu tidak merasa putus asa.
  4. Spiritual Love dapat termanifestasi melalui cara kita melihat hal positif dalam suatu kejadian negatif yang menimpa kita dengan tetap merasa bersyukur.

Nah, itu dia contoh cara mengidentifikasi bentuk cinta yang kamu terima.

Sudahkah kamu mendapatkannya?

PIC: Litara Fathin
Editor: Muthia Nida
Desain: Zordi

Referensi:

I Am Okay
I Am Okay merupakan wadah kolaborasi sosial berbentuk kampanye edukasi pentingnya kesehatan mental bagi remaja Indonesia.