I Am Okay Indonesia

Kenapa Kamu Perlu Social Support?

Pada dasarnya manusia merupakan makhluk sosial. Kita semua perlu bersosialisasi. Namun, tidak semua lingkungan sosial membawa hal baik untuk kita. Sebaliknya, kadang justru lingkungan sosial lah yang membuat kita merasa dikucilkan dan akhirnya berdampak pada kesehatan mental. Justru itu, kamu membutuhkan dan perlu memilah dukungan sosial yang baik untuk kamu.

Dukungan sosial yang buruk sering dikaitkan dengan kesepian bahkan depresi. Hal ini terbukti meningkatkan risiko depresi, penyalahgunaan alkohol dan obat terlarang, perubahan fungsi otak, hingga yang terburuk bunuh diri.

Dukungan sosial bukan hanya soal memberikan bantuan, namun juga persepsi bagi seseorang yang menerima bantuan tersebut. Dukungan sosial sangat penting karena dapat membantu individu yang memiliki masalah merasa diperhatikan oleh lingkungannya, serta mengurangi adanya bentuk pengalihan masalah yang salah khususnya menghindari self-harm.

Bentuk-bentuk Dukungan Sosial

Menurut Psikologis terkenal, Cohen & Hoberman, setidaknya dukungan sosial terbagi dalam 4 bentuk, yaitu:

1. Appraisal support

Bentuk dukungan sosial ini membantu si individu untuk menilai kemampuan dirinya sendiri serta membantu individu tersebut mendapatkan feedback dari orang lain terkait permasalahannya

2. Tangible support

Bentuk dukungan sosial ini berupa bantuan nyata dalam hal material. Seperti memberi bantuan dalam bentuk uang, barang dan lainnya.

3. Self-esteem support

Pada bentuk ini, dukungan yang diberikan terkait dengan harga diri si individu. Misalnya dengan memberikan perhatian, semangat yang membuat individu tersebut merasa dicintai dan dihargai.

4. Belonging support

Bentuk dukungan sosial ini adalah dengan menunjukkan perasaan diterima dari suatu kelompok. Misalnya dengan melakukan kegiatan secara bersama-sama dan saling berbagi minat satu sama lain. Bentuk dukungan ini membuat perasaan individu menjadi aman dan nyaman berada di lingkungan tersebut.

Pentingnya Dukungan Sosial

Lalu seberapa penting dukungan sosial untuk kesehatan mental? Jawabannya sangat penting karena:

1. Mendorong Pilihan dan Perilaku yang Positif

Partisipasi dalam kelompok sosial memiliki pengaruh normatif pada perilaku. Mereka dapat mempengaruhi kamu untuk menjalani gaya hidup sehat. Di luar itu, mereka juga dapat mendorong kamu untuk lebih disiplin, lebih sabar, lebih teliti, sebagainya demi pengembangan diri.

2. Membantu Meghadapi Stress

Dengan berada di sekeliling orang-orang yang peduli dan suportif, mereka bisa membantu untuk menghadapi situasi sulit yang kamu hadapi. Dukungan sosial yang baik juga membantu mengurangi konsekuensi gangguan mental akibat trauma termasuk PTSD (post-traumatic stress disorder).

3. Mempengaruhi Respon dan Mengubah Pandangan Terhadap Kejadian yang Dialami

Adanya dukungan sosial membuat individu yang memiliki masalah dapat bertukar pikiran dengan orang lain yang dapat mengubah pandangan terhadap masalah yang dialami. Misalnya, sebelumnya memiliki pemikiran untuk melakukan self-harm, namun setelah adanya dukungan yang diberikan maka si individu tersebut mengurungkan niatnya.

4. Meningkatkan Motivasi dan Produktivitas

Dukungan sosial dapat membantu meningkatkan motivasi, kualitas penalaran, management stress melalui perhatian, informasi dan umpan balik yang dibutuhkan. Hal ini membuat produktivitas meningkat, termasuk produktivitas dan kepuasaan kerja. Dukungan sosial juga dapat membantu kamu untuk tetap termotivasi mengejar mimpi dan tujuan kamu.

Begitu pentingnya support system yang kuat untuk kesehatan, oleh karena itu kamu harus membangun hubungan yang kuat dengan orang-orang di sekitar kamu. Siapa support system kamu selama ini?

Penulis: Abd. Hamid Zainal
Desain oleh: Tri Wulandari
Editor: Nida Zhafira

Referensi:

  1. Prabandani, Safira. (2017). Seberapa Penting Social Support Bagi Kita?. Diakses pada 3 Maret 2021 di http://yayasanpulih.org /2020/09/seberapa-penting-social-support-bagi-kehidupan-kita/#:~:text=Dukungan%20sosial%20sangat%20penting%20karena,tindak%20kejahatan%2C%20self%20harm)
  2. Florencia, dr. Gabriella. (2020). Pentingnya Support Sytem Untuk Pengembangan Diri. Diakses pada 3 Maret 2021 di https://www.halodoc.com /artikel/pentingnya-support-system-untuk-pengembangan-diri
  3. Rumondor, Pingkan Cynthia Belinda. (2018). Dukungan Sosial dan Kesehatan. Diakses pada 3 Maret 2021 di https://psychology.binus.ac.id /2018/11/07/dukungan-sosial-dan-kesehatan/
  4. @kerjaki_daeng. (2020). Pentingnya Social Support. Diakses pada 3 Maret 2021 di https://www.instagram.com /p/CJSMpj2JbOR/
I Am Okay
I Am Okay merupakan wadah kolaborasi sosial berbentuk kampanye edukasi pentingnya kesehatan mental bagi remaja Indonesia.