I Am Okay Indonesia

Makin Kesini, Makin Malas Belajar? Yuk Simak Tips Menghadapi Demotivasi Belajar!

Akhir-akhir ini, banyak nggak sih dari Fellas yang merasa motivasi belajarnya menurun, jadi nggak semangat buat belajar, pergi sekolah, ataupun pergi ke kuliah? Kalau iya, jangan-jangan Fellas sedang mengalami demotivasi, nih. Apa sih demotivasi itu? Yuk simak penjelasan lengkap di artikel berikut!

Apa Itu Demotivasi?

Sebelum masuk ke demotivasi, kenalan dulu yuk sama apa itu motivasi. Motivasi adalah serangkaian sikap dan nilai yang memengaruhi individu untuk mencapai hal-hal yang sesuai dengan tujuan yang diinginkan individu.

Sedangkan, motivasi belajar adalah proses dalam internal individu untuk mengaktifkan, memandu, dan mempertahankan perilaku yang konsisten dari waktu ke waktu.

Misalnya, seorang mahasiswa konsisten belajar ketika minggu ujian karena memiliki motivasi belajar yang tinggi untuk menghadapi ujian akhir semester dengan tujuan ingin mencapai nilai akhir yang tinggi.

Nah, jika motivasi belajar adalah sebuah hal yang positif, sebaliknya demotivasi belajar adalah suatu hal yang negatif. Dikatakan negatif karena demotivasi adalah perasaan lelah, keinginan untuk menyerah, dan berhenti melakukan rutinitas harian, yang dimana hal tersebut dapat menghambat motivasi belajar dalam diri seorang individu. 

Oleh karena itu bisa disimpulkan bahwa, munculnya demotivasi belajar ini akan menurunkan minat individu bahkan menghilangkan motivasi individu untuk belajar.

Misalnya, dengan adanya demotivasi belajar, akan membuat individu merasa tidak mau mengerjakan tugas-tugas yang didapatkan di sekolah, tidak mau berangkat sekolah karena merasa malas, hingga sama sekali tidak memiliki minat untuk belajar, sehingga motivasi sangat diperlukan dalam belajar supaya hasil belajar bisa optimal. Maka dari itu, apabila muncul demotivasi khususnya pada mahasiswa akan dapat mengganggu sistem belajar mahasiswa.

Pentingnya Motivasi Belajar

Hal-hal yang menandakan munculnya demotivasi, misalnya fellas mulai merasa malas untuk berangkat sekolah ataupun pergi kuliah, kurang fokus dalam menerima materi yang diberikan oleh guru atau dosen, lebih senang untuk bermain handphone daripada mendengarkan penjelasan materi, sulit memahami materi, sampai merasa stres dengan rutinitas yang monoton sehari-hari. 

Perilaku yang disebutin di atas itu adalah contoh dari perilaku buruk yang akan mengganggu semangat individu khususnya disini yaitu mahasiswa, dalam mencapai hasil yang maksimal dalam belajar.

Kenapa demotivasi dapat mempengaruhi keoptimalan hasil belajar? Karena dengan adanya demotivasi akan membuat mahasiswa menjadi malas menjalani kewajiban sebagai seorang pelajar yang harus menuntut ilmu dan mencapai hasil untuk menuntaskan kewajiban belajarnya.

Penyebab Munculnya Demotivasi 

Nah fellas, sebenarnya ada beberapa hal yang dapat memicu munculnya perilaku demotivasi. Walaupun sebenarnya tidak semua perilaku demotivasi dipicu oleh penyebab yang sama, namun ada beberapa penyebab yang kebanyakan dialami oleh orang dengan demotivasi, diantaranya yaitu : 

  1. Self Dictatorship 
    Self dictatorship, yaitu sebuah perilaku yang di mana ketika diri sendiri menuntut terlalu banyak. Dengan banyaknya tuntutan yang diberikan atau ditargetkan oleh diri sendiri akan memperbesar kemungkinan memunculkan demotivasi, karena diri sendiri akan merasa muak dengan tuntutan-tuntutan yang ada. 
  1. Kebiasaan Membandingkan Diri dengan Orang Lain 
    Kebiasaan membandingkan diri sendiri dengan orang lain juga beresiko untuk memunculkan demotivasi pada diri sendiri. membandingkan diri kita dengan orang lain akan membuat fokus kita menjadi berpindah terhadap kesuksesan dan pencapaian orang tersebut. Hal tersebut, akan membuat diri sendiri kehilangan kepercayaan diri dan lambat laun akan membuat motivasi diri akan menurun karena terus menerus membandingkan diri sendiri dengan orang lain. 
  1. Terlalu Menjadi Pribadi yang Perasa 
    Menjadi seseorang yang perasa akan memunculkan doktrin tentang hal-hal yang bisa saja diusahakan menjadi sulit, misalnya “saya rasa diri saya tidak akan berhasil menyelesaikan tugas ini”.
    Dengan munculnya pemikiran ini, membuat diri sendiri akhirnya tidak mau mengusahakan untuk mencapai hal tersebut karena dirasa tidak mampu untuk mengerjakannya. 
  1. Lingkungan Sekitar 
    Nah, demotivasi juga bisa muncul disebabkan karena lingkungan di sekitar loh, Fellas. Ketika lingkungan pertemanan atau kerja Fellas berisi orang-orang yang memiliki motivasi rendah, itu juga akan sangat memungkinkan untuk berpengaruh kepada Fellas.

Cara Mengatasi Demotivasi 

Terdapat beberapa cara yang dapat Fellas lakukan untuk mengatasi demotivasi yang muncul, diantaranya: 

  1. Menerapkan career goals yang realistis 
  2. Kurangi melakukan prokrastinasi (menunda pekerjaan)
  3. Lakukan hal-hal yang dirasa menyenangkan 
  4. Mulai menerapkan pola istirahat yang cukup 
  5. Menerapkan reward kecil terhadap pencapaian-pencapaian yang telah diraih.

Penulis: Emithadwisaa
Editor: 
Desain:
SEO Editor: Noviarazm


Referensi:

  1. Fitriana, S. (2022). Mengalami demotivasi kuliah? Intip cara mengatasinya. https://www.kompasiana.com/syakirafitriana6338/629f6899bc81675867029e22/mengalami-demotivasi-kuliah-intip-cara-mengatasinya?page=1&page_images=1 
  2. Mendari, A. S., & Kewal, S. S. (2015). Motivasi belajar pada mahasiswa. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2). https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun/article/view/10304/7971 
  3. Mengenal Demotivasi di Kalangan Mahasiswa. https://campuspedia.id/news/mengenal-demotivasi-di-kalangan-mahasiswa/ 
  4. Rohman, B.N. (2018). Merasa demotivasi? Yuk, lakukan enam hal ini agar kamu dapat mendongkrak semangatmu kembali. Rencanamu.id. https://rencanamu.id/post/how-to/merasa-demotivasi-yuk-lakukan-enam-hal-ini-agar-kamu-dapat-mendongkrak-semangatmu-kembali 
  5. Talitha, T. (2021). Apa itu demotivasi? Ciri, penyebab, & cara mengatasinya. https://www.gramedia.com/best-seller/demotivasi/ 
  6. Utami, R. L. W. (2022). Demotivasi kerja, kenali penyebab dan cara mengatasinya. https://satupersen.net/blog/demotivasi-kerja