I Am Okay Indonesia

Malu Ketika Harus Meminta Bantuan Orang Lain? Ini Tips untuk Mengatasinya!

Kamu takut meminta bantuan orang lain? Takut dianggap lemah dan tidak berdaya? Atau takut menerima penolakan dan hanya menjadi bahan tertawaan karena telah mengumbar kesulitan?

Padahal, meminta bantuan dari orang lain sebenarnya adalah hal yang wajar, lho! Tapi, saat ini rasanya meminta bantuan semakin sulit dilakukan. Khususnya di zaman modern yang menuntut setiap orang untuk menjadi adaptif dan kuat menghadapi tekanan. Namun, kamu justru tidak bisa berkembang dan menghadapi hambatan dengan baik jika hanya berusaha sendirian.

Bahkan orang-orang sukses pun selalu memiliki orang-orang yang telah membantu mereka, lho! Contohnya saja, penulis terkenal pasti mencantumkan ucapan terima kasih untuk orang-orang yang sudah membantunya. Aktor dan idol favoritmu juga pasti mengucapkan terima kasih untuk bantuan setiap kru saat memberikan pidato kemenangan.

Lalu, bagaimana caranya meminta bantuan kepada orang lain agar mereka tidak segan membantu kita?

  1. Tunjukkan bahwa kamu sudah mencoba untuk membantu dirimu sendiri. Orang lain akan mau menolongmu ketika mereka tahu bahwa kamu benar-benar sudah berjuang dengan maksimal. Jadi, coba jelaskan dulu usaha apa saja yang sudah kamu lakukan ya.
  2. Jelaskan dengan spesifik agar orang lain paham apa yang harus mereka lakukan untukmu. Jangan melebih-lebihkan masalah atau bantuan yang kamu perlukan. Coba komunikasikan seringkas mungkin apa masalahmu dan bantuan apa yang kamu butuhkan ya. 
  3. Jelaskan secara personal. Orang lain akan merasa lebih tergerak untuk membantu ketika mereka merasa bahwa mereka memang orang yang kamu butuhkan, lho!
  4. Tunjukkan hasil positif. Setelah mendapat bantuan pun, kamu tetap bertanggung jawab kepada orang yang telah membantumu untuk membuat mereka merasa pertolongannya tidak sia-sia. Tunjukkan bahwa kamu menjadi orang yang lebih baik atau telah berhasil meraih sesuatu karena bantuan tersebut. Mereka akan merasa telah berkontribusi untuk hal yang baik, lho!

Sebagai manusia, selain butuh bantuan orang lain, kita pasti juga memiliki keinginan untuk membantu orang lain. Jika kamu memang telah berjuang sendiri dan masih merasa berat, jangan ragu untuk meminta bantuan ya! Tapi, di sisi lain, jangan ragu juga untuk membantu siapapun yang membutuhkan. 

Rasanya, berjuang bersama akan lebih menyenangkan, kan?

Penulis : Khairunnisa Syafira Dumbi
Desain oleh : Amelia Putri
Editor : Muthia Nida

Referensi:

  1. Boyes, A. (2016). 7 effective ways to ask for help (and get it). Retrieved from https://www.psychologytoday.com/intl/blog/in-practice/201610/7-effective-ways-ask-help-and-get-it
  2. Davis, J. (2020). 4 tips to effectively ask help and get a yes. Retrieved from https://www.psychologytoday.com/us/blog/tracking-wonder/202002/4-tips-effectively-ask-help-and-get-yes