I Am Okay Indonesia

Manfaat Olahraga Terhadap Kesehatan Mental Yang Belum Kamu Ketahui!

Beberapa manfaat olahraga untuk kesehatan mental antara lain meredakan kecemasan, memperbaiki suasana hati, serta meningkatkan konsentrasi

Olimpiade Tokyo 2020 telah berakhir Agustus lalu. Tapi keseruannya masih terasa hingga sekarang. Khususnya untuk Indonesia yang berhasil membawa pulang 1 emas, 1 perak, dan 3 perunggu. Membuat Indonesia berada di urutan kedua se-Asia Tenggara.

Kompetisi olahraga bisa dibilang masih menjadi salah satu tayangan yang paling diminati, sebab olahraga telah menjadi bagian dari gaya hidup yang perlu diterapkan agar menjadi sehat dan bugar. Namun selain bermanfaat untuk fisik, olahraga ternyata juga bermanfaat untuk kesehatan mental.

Manfaat Olahraga Untuk Kesehatan Mental

Beberapa manfaat olahraga untuk kesehatan mental yang bisa dirasakan antara lain meredakan kecemasan, memperbaiki suasana hati, meningkatkan konsentrasi dan fokus hingga meningkatkan rasa percaya diri. 

Sudah menjadi rahasia umum jika saat berolahraga kita akan merasakan meningkatkan mood bahagia. Karena tubuh akan melepaskan dopamin yang disebut happy hormon seperti endorfin dopamin dan serotonin. Hormon-hormon ini dapat memberikan efek pereda nyeri alami dan membantu menghadirkan perasaan euforia atau bahagia.

Beberapa manfaat olahraga untuk kesehatan mental antara lain meredakan kecemasan, memperbaiki suasana hati, serta meningkatkan konsentrasi
Selain itu, endorfin ini juga bisa memunculkan energi positif dalam tubuh, karena olahraga identik dengan target dan melakukan pencapaian dalam tiap latihannya.

Manfaatnya olahraga pada kesehatan mental bisa dirasakan karena olahraga dapat meningkatkan sirkulasi darah ke otak dan mempengaruhi hypothalamic-pituitary-adrenal axis (HPA). HPA inilah yang memediasi beberapa area di otak, seperti: 

  1. sistem limbik yang mengontrol motivasi dan suasana hati 
  2. Hipokampus yang berperan penting dalam pembentukan memori, termasuk suasana hati dan motivasi. 
  3. Serta amigdala yang menimbulkan rasa takut sebagai respon terhadap stres.

Olahraga Dapat Meningkatkan Kemampuan Otak

Sebuah penelitian di University Clinic for Psychiatry and Psychotherapy di Ruhr-Universit√§t Bochum (RUB) di kampus Ostwestfalen-Lippe menemukan jika aktivitas fisik ternyata tidak hanya mengurangi gejala depresi saja, tapi  meningkatkan kemampuan otak untuk berubah, yang dimana hal ini diperlukan untuk proses adaptasi dan pembelajaran.

Penelitian ini melibatkan 41 siswa yang dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama merupakan kelompok yang mengikuti program dengan latihan fisik. Kelompok lainnya diteliti tanpa melakukan aktivitas fisik. Penelitian ini melihat bagaimana keparahan bagaimana gejala depresi sebelum dan setelah program. Baik itu kehilangan dorongan dan minat hingga kurangnya motivasi dan perasaan negatif. 

Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa kemampuan otak untuk berubah lebih rendah pada orang depresi dibandingkan pada orang sehat. Adanya program latihan fisik ini membuat kemampuan untuk berubah meningkat secara signifikan. Latihan fisik ini juga membuat orang yang mengalami gejala depresi menurun hingga mencapai nilai yang sama dengan orang yang sehat.

Efek Olahraga Berlebihan

Meski olahraga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan fisik dan mental, namun jika dilakukan secara berlebihan ternyata efeknya juga tidak baik. Olahraga berlebihan justru bisa menambah stres, baik untuk fisik maupun kondisi emosional. Selain itu, olahraga yang dilakukan dengan intensitas tinggi juga beresiko menyebabkan kardiotoksisitas, atau kerusakan otot jantung akibat pelepasan senyawa berlebihan.

Jadi sebaiknya berapa lama durasi berolahraga yang baik? Olahraga selama 2-6 jam dalam seminggu durasi merupakan maksimal  jika tujuannya meningkatkan mental. Jika belum terbiasa berolahraga, kamu bisa melakukan olahraga 10-30 menit dengan intensitas ringan hingga sedang, seperti jalan cepat atau olahraga ringan lainnya.

Dengan segudang manfaat olahraga yang bisa dirasakan, yang terpenting adalah melakukannya dengan konsisten dan diimbangi dengan pola hidup sehat lainnya. Jika dilakukan secara rutin dan konsistensi, olahraga tidak hanya membuat tubuh menjadi bugar, tapi juga membuat suasana hati meningkat, terhindar dari stres, dan masalah kesehatan lainnya.

Penulis: Hamid
Editor: Muthia Nida
Desain: Zordy

Referensi:

  1. Bochum, Ruhr-University. 2021.  Physical Activity Jolts Brain Into Action in The Event of Depression. https://www.sciencedaily.com/releases/2021/08/210804123610.htm
  2. Makarim, dr. Fadhli Rizal. 2020. Alasan Olahraga Baik Menjaga Kesehatan Mental. https://www.halodoc.com/artikel/alasan-olahraga -baik-untuk-menjaga-kesehatan-mental 
  3. Anggraini, Ariska Puspita. 2020. Riset Buktikan Olahraga Ampuh Jaga Mental Tetap Sehat.  https://health.kompas.com/read/2020/02/29/060000968 /riset-buktikan-olahraga-ampuh-jaga-mental-tetap-sehat?page=all
I Am Okay
I Am Okay merupakan wadah kolaborasi sosial berbentuk kampanye edukasi pentingnya kesehatan mental bagi remaja Indonesia.