I Am Okay Indonesia

Merasa Mumet dengan Aktivitasmu yang Monoton? Bersih-Bersih, Yuk!

Fellas, kamu tim suka bersih-bersih atau tim yaudahlah biarin aja tunggu mood, nih? 

Fellas, lingkungan pribadi seperti rumah dan kamar yang kotor bisa mempengaruhi kesehatan mental dan emosimu, loh. Makanya, enggak jarang kita malas sekali untuk melakukan apapun di rumah, yang biasanya dilandasi oleh lingkungan yang enggak mendukung.

Nah, supaya lebih produktif, yuk kita bersih-bersih! Bersih-bersihnya enggak perlu langsung skala besar kok, pelan-pelan aja, yang penting konsisten ya. Mau tahu caranya gimana? Eits, sebelum kesitu, kita pahami bersama dulu yuk apa hubungan antara bersih-bersih dan kesehatan mental!

Hubungan Antara Bersih-Bersih dan Kesehatan Mental

Kalau mendengar kata bersih-bersih, pasti rasanya langsung sumpek dan melelahkan, ya, fellas? Memang betul, bersih-bersih itu sangat menguras tenaga dan waktu. Tapi, tahukah fellas, bahwa bersih-bersih berhubungan dengan kesehatan mental kita. Ketika sedang mengalami stres, sebagian orang memilih untuk melakukan yoga, mindfulness, atau bahkan massages untuk menenangkan diri.

Hal tersebut memang dapat menenangkan karena suasana di sekitar menjadi tenang dan membuat kita nyaman. Namun, sebagian lainnya mungkin memilih untuk membersihkan rak, mengelap dapur, atau bahkan mengatur lemari untuk menenangkan diri. Apakah yang memilih bersih-bersih itu salah? Enggak dong, malah bersih-bersih itu sama bermanfaatnya bagi kesehatan mental, sama seperti orang yang menggunakan aplikasi mindfulness.

Manfaat Bersih-Bersih

Enggak cuma lingkungan doang loh yang tertata kalau kita bersih-bersih, tetapi diri kita juga. Memangnya iya? Iya dong. Berikut manfaat yang akan kamu rasakan kalau bersih-bersih:

  1. Meningkatkan Suasana Hati

Selain memiliki rumah yang lebih bersih, kita juga bisa mengurangi kecemasan, membuat tidur lebih nyenyak, meningkatkan konsentrasi di rumah, dan lebih bahagia. 

  1. Menyehatkan Secara Fisik

Ketika bersih-bersih, otomatis kita akan menggerakan badan dan menghasilkan keringat. Inilah yang membuat orang lain enggan melakukannya. Padahal, hal ini bisa membuat kita semakin sehat karena jantung terlatih dan otot menguat. Membersihkan rumah bonus tubuh yang sehat, luar biasa kan. 

  1. Meningkatkan Kemampuan Mengendalikan Lingkungan Individu

Fellas pasti enggak asing lagi dengan prinsip bahwa kita enggak bisa mengatur orang lain, kan. Oleh karena itu, yang bisa kita lakukan adalah mengatur diri sendiri. Nah, dengan bersih-bersih, hal ini pun tercapai. Ketika orang merasa hidup mereka di luar kendali dan mengharuskan kita berjuang dengan ketidakpastian, pembersihan bisa menjadi cara untuk menguatkan kendali dalam hidup kita. Membersihkan memberi orang rasa penguasaan dan kendali atas lingkungan mereka. Jadi, enggak akan deh mengganggu hidup orang lain.

  1. Meningkatkan Kefokusan

Ketika rumah kita berantakan, kacau atau sangat kotor, ini mempengaruhi kemampuan kita untuk fokus. Alhasil, kita pun akan kesulitan untuk memproses informasi karena keterbatasan kemampuan otak. Dengan bersih-bersih, kita dapat menjadi lebih tenang, enggak mudah tersinggung, enggak mudah terganggu, lebih produktif, dan lebih mampu memproses informasi karena lingkungan yang rapi dan terorganisir.

Tips Agar Bersih-Bersih Lebih Menyenangkan

Bersih-bersih bisa menjadi aktivitas melelahkan dan menyebalkan kalau kita lakukan dengan enggak menyenangkan. Supaya bersih-bersih terasa lebih nikmat, berikut tips untukmu:

  1. Dengarkan Musik

Musik terbukti dapat memberikan manfaat bagi kita, termasuk kesehatan mental. Sehingga, penggunaan musik dapat dipertimbangkan ketika sedang bersih-bersih. Secara umum, ketika bersih-bersih menggunakan musik, kita bisa memilih musik yang tenang (bertempo lambat) ataupun yang memberi energi (bertempo cepat). Alhasil, kita enggak akan terlalu stres dan lelah setelah bersih-bersih. 

  1. Perlahan dan Konsisten

Terkadang ketika semua terasa berantakan dan kacau, rasanya kita ingin merapikan semuanya saat itu juga. Namun, enggak bisa demikian ketika bersih-bersih. Justru, kita akan kelelahan dan menjadi emosional sehingga tak menutup kemungkinan kita enggak akan melakukannya kembali. Oleh karena itu, bersih-bersihlah dengan perlahan dan konsisten. Enggak apa-apa kok kalau enggak selesai satu hari. Kamu juga bisa merincikan pembersihan menjadi beberapa bagian tugas harian atau mingguan yang enggak terlalu membebani. 

  1. Nikmati Hasilnya

Meskipun enggak selesai semua dalam sekejap, nikmatilah hasil bersih-bersih yang kita bisa lakukan saat itu. Berikanlah reward atau hadiah pada diri sendiri setelah kita berhasil. Ketika kita konsisten menghasilkan lingkungan pribadi yang bersih dan bebas stres, kita akan termotivasi untuk terus melakukannya, apalagi jika ditambah dengan reward

Ternyata bersih-bersih itu merupakan salah satu obat untuk mengobati mumet dari aktivitas monoton, nih, fellas. Meskipun melelahkan, cobalah mulai untuk bersih-bersih, ya. Mungkin itu bisa membuat fellas lebih memaknai hidup dan bahagia. 

Bagaimana, siap untuk merapikan semuanya? Cus!

Glosarium:

  • Mindfulness: Jenis meditasi yang melatih diri untuk fokus pada lingkungan dan merasakan emosi yang ada, sehingga bisa menerima apa yang terjadi dengan baik.
  • Massages: Dapat disebut juga masase atau pijat, merupakan metode refleksologi yang bertujuan untuk menenangkan.
  • Reward: Apresiasi atas hal positif yang dilakukan.

Penulis: Rayzafie

Editor: Lala

Desain: Riska

SEO Editor:


Referensi:

I Am Okay
I Am Okay merupakan wadah kolaborasi sosial berbentuk kampanye edukasi pentingnya kesehatan mental bagi remaja Indonesia.