Introvert Nggak Bisa Jadi Pemimpin? Eits, Siapa Bilang…!!!

Hai, Fellas! Aku mau nanya, nih. Siapa sih di antara Fellas yang pernah berkesempatan menjadi pemimpin? Bisa jadi saat tugas kelompok, organisasi di kampus, atau project di perusahaan. 

Pastinya, beberapa dari kita pernah memiliki pengalaman sebagai. Namun kira-kira, kalian pernah penasaran nggak sih sama kriteria seorang pemimpin? Apakalian pernah bertanya-tanya, “kok aku bisa kepilih jadi pemimpin, ya?”. 

Umumnya, mayoritas orang akan berpikir bahwa seseorang dapat menjadi pemimpin karena memiliki sikap yang mudah bergaul dan ramah. Namun, siapa sangka, ternyata seseorang yang lebih pendiam juga bisa menjadi pemimpin yang baik, lho!

Maka dari itu, di artikel kali ini, kita akan membahas mengenai tipe kepribadian yang lebih diam alias introvert sebagai seorang pemimpin. Ingin tahu penjelasannya lebih lanjut? Yuk, baca artikelnya sampai habis!

Apa sih Introvert Itu?

Bukan seperti yang biasa dipikirkan orang-orang, introvert sebenarnya adalah tipe kepribadian yang lebih senang menghabiskan waktunya sendiri atau dengan teman terdekat. Introvert tidak sama dengan orang yang pemalu atau tidak mau bersosialisasi, tetapi lebih terkait energi mental. Tipe kepribadian ini cenderung mendapatkan energi dari dalam diri mereka sendiri (inward) sehingga sering di salah pahami. Dengan kata lain, introvert tetap suka bersosialisasi ya Fellas, hanya saja dalam skala yang lebih kecil.

Penjelasan tentang Leadership 

Pemimpin merupakan sebuah title yang diberikan atau dimiliki seseorang. Namun, kepemimpinan adalah sebuah proses saat seorang individu berada pada tahap di mana ia mampu memengaruhi orang lain terkait suatu visi misi hingga terinternalisasi dan tercapai sehingga dapat dimiliki dan dikembangkan oleh semua orang tanpa terkecuali melalui proses belajar. Mungkin, tidak semua orang memiliki kesempatan yang sama besarnya untuk menjadi seorang pimpinan. Namun, sifat kepemimpinan itu sendiri dapat dimiliki oleh semua orang, termasuk dari introverted Fellas yang sedang membaca artikel ini.

Introvert sebagai Pemimpin, Apa Kelebihannya?

Meski sering terlihat diam dan menyendiri, orang introvert juga memiliki beberapa kelebihan yang tidak dimiliki oleh extrovert, lho! Berikut ini beberapa kelebihan dan poin plus dari introvert sebagai seorang pemimpin, yaitu;

  1. Cenderung Konservatif dalam Pengambilan Risiko
    Ketika dihadapkan pada situasi yang mengharuskan adanya pengambilan risiko, maka seorang introvert akan cenderung lebih berhati-hati dibandingkan dengan extrovert yang terkadang lebih gegabah.
  2. Lebih Kreatif
    Introvert cenderung senang dalam kesendirian dan ketenangan sehingga berbagai macam ide baru dapat muncul, baik dalam pengerjaan suatu tugas ataupun penyelesaian masalah.
  3. Mengambil Keputusan secara Deliberatif
    Saat muncul suatu masalah, introvert cenderung akan melihat dari berbagai sisi dan sudut pandang, baik itu berasal dari karyawan ataupun atasan. Dengan begitu, keputusan yang diambil dapat mewakili lebih banyak alasan.
  4. Mendengarkan sebelum Bertindak
    Sifat introvert yang lebih banyak mendengarkan, berpikir, kemudian merespon menjadi faktor penting dalam diri pemimpin. Dengan demikian, karyawan dapat merasa dipahami dan pemimpin tidak gegabah memberikan keputusan.

Apakah Ada Pemimpin Terkenal yang Introvert?

Kalau kalian sudah membaca sejauh ini dan masih ragu kalau introvert bisa menjadi pemimpin, yuk kita intip daftar nama para pemimpin dunia yang bersifat introvert, antara lain;

  1. Abraham Lincoln
  2. Bill Gates
  3. Warren Buffett
  4. Marissa Mayer
  5. Mahatma Gandhi

dan masih banyak lagi, lho…!

Tips bagi Introvert yang Ingin Menjadi Pemimpin

  1. Gunakan dan kembangkan kemampuan observasi juga pendengaranmu.
  2. Komunikasikan bagaimana cara kamu memimpin dan mengambil keputusan kepada para anggota.
  3. Carilah tempat yang paling cocok dan efektif untukmu.
  4. Buatlah grup kecil untuk fokus pada masalah tertentu.

Sekian artikel untuk hari ini. Semoga setelah membaca, kalian mendapatkan pengetahuan dan motivasi untuk bisa menjadi pemimpin yang baik. Ingat, jiwa kepemimpinan itu ada dalam diri semua orang, termasuk kamu yang introvert! Jadi, kalau kamu punya kesempatan untuk memimpin sesuatu, ambil saja, jangan ragukan dirimu lagi! Semangat selalu Fellas…!!!


Penulis: Agnes
Editor: Zandha
Desain:
SEO Editor:


Referensi:

  1. Cain, S. (2022, July 23). Susan Cain: Why introverts can be great leaders. CNBC. Retrieved October 20, 2022, from https://www.cnbc.com/2022/07/23/susan-cain-why-introverts-can-be-great-leaders.html
  2. Edwards, B. G. (2022, July 15). 4 ways introverted leaders excel. 4 ways introverted leaders excel, 1(1), 5. https://www.researchgate.net/publication/362025197_4_ways_introverted_leaders_excel
  3. Haryanto, A. (2021, September 27). Apa Itu Introvert: Arti, Jenis, Tipe dan Pengertiannya? Tirto.ID. Retrieved October 20, 2022, from https://tirto.id/apa-itu-introvert-arti-jenis-tipe-dan-pengertiannya-ga2n
  4. Monych, B. (2020, February 13). The surprising reasons why introverts make exceptional leaders. Insperity. Retrieved October 20, 2022, from https://www.insperity.com/blog/the-surprising-reasons-why-introverts-make-exceptional-leaders/Psychology Research. (2020, August 24). Leadership – IResearchNet. What is Psychology? Retrieved October 20, 2022, from http://psychology.iresearchnet.com/social-psychology/group/leadership/