Positive Words for Positive Mind, Jadikan Hidup Lebih Bermakna

Coba kita main true or false dulu deh, fellas! Benar atau salah, kalau zaman sekarang kita lebih sering merasa insecure sama diri sendiri?

Benar atau salah, kalau semakin dewasa banyak banget waktu yang kita habiskan untuk membandingkan diri sendiri dengan orang lain? Dan benar atau salah, kalau kita selalu merasa kurang dari segala aspek diri sendiri? Mungkin kebanyakan dari kita akan menjawab benar ketiga pertanyaan tersebut.

Kalau dipikir-pikir lagi, masa kini memang terasa sangat menantang diri kita dari berbagai sudut kehidupan. Lelah secara fisik maupun mental sering banget kita alami dan terkadang nggak semua orang mampu untuk mengatasi lelah dan beban yang dihadapi itu. 

Tapi, coba deh kita ingat-ingat lagi! Pernah nggak sih pada saat merasa terpuruk, kita justru menyemangati diri sendiri?

Misalnya, saat gagal di suatu ujian. Kita pasti merasa sedih banget, tapi di saat yang sama ada kalimat penyemangat yang juga keluar dari diri sendiri, seperti “gapapa, ujian selanjutnya harus lebih baik lagi”. Ternyata sadar gak sadar, kita sudah berusaha menjaga kesejahteraan diri loh, fellas!

Meskipun banyak banget hal negatif yang menerpa di zaman kini, kita juga sudah dibekali dengan tameng khusus, yang kalau bahasa kerennya disebut self-affirmation. Wahhh.. apaan tuh? Pada penasaran, nih? Makanya yuk, simak artikelnya sampai habis!

Definisi Self-Affirmation 

Self-affirmation adalah kalimat atau pernyataan positif yang diucapkan diri sendiri untuk melawan pikiran-pikiran negatif yang muncul. Berbagai penelitian menyatakan jika self-affirmation termasuk sebagai bentuk mekanisme pertahanan mental, yaitu untuk melindungi self-esteem diri. Selain itu, peneliti juga mengungkapkan jika self-affirmation akan muncul ketika kita sebagai manusia termotivasi untuk melindungi diri dari ancaman, yaitu dengan menjaga gambaran diri sendiri atau self-image. 

Manfaat Self-Affirmation

Nah, setelah kita tahu definisi dari self-affirmation, sekarang saatnya untuk gali lebih dalam akan manfaatnya! Banyaknya penelitian yang sudah dilakukan menunjukan bahwa melatih self-affirmation dalam keseharian mampu memberikan berbagai manfaat dan efek positif ke kesehatan mental kita. Berdasarkan artikel penelitian oleh Critcher dan Dunning (2015) yang berjudul “Self-Affirmations Provide A Broader Perspective on Self-Threat”, terdapat 6 bukti manfaat self-affirmation, yaitu: 

  1. Self-affirmation dapat menurunkan resiko kesehatan yang memburuk akibat stress
  2. Self-affirmation berperan sebagai intervensi rasa negatif dengan membantu meningkatkan aktivitas fisik
  3. Self-affirmation membantu memodifikasi respons terhadap ancaman negatif dengan mengurangi resistensi dan sikap defensif
  4. Self-affirmation meningkatkan kepekaan terhadap kesehatan fisik dan mental diri sendiri 
  5. Self-affirmation berkorelasi dan membantu peningkatan pencapaian akademik
  6. Self-affirmation membantu menurunkan stress 

Selain manfaat-manfaat di atas, melakukan self-affirmation dalam kehidupan sehari-hari juga dapat membantu kita untuk menjadi lebih percaya diri, optimis, adaptif dan kuat dalam menghadapi masalah/ancaman. 

Contoh Self-Affirmation 

Dalam prakteknya sendiri, self-affirmation terbilang sangat bervariasi misalnya afirmasi untuk penyembuhan, meminimalisir kecemasan, meredakan depresi, meningkatkan self-esteem, bahkan untuk ibu mengandung. Berikut ini beberapa contoh self-affirmation yang bisa kita coba praktekan dalam sehari-hari : 

Self-affirmation untuk meminimalisir kecemasan : 

  • Aku memutuskan untuk hanya memikirkan hal-hal positif
  • Kecemasan ku bukanlah yang mengontrol kehidupan ku, tapi diriku sendiri
  • Aku membebaskan diriku dari semua rasa cemas dan takut 

Self-affirmation meredakan depresi : 

Depresi seringkali membuat kemampuan kognitif kita terdistorsi, mengakibatkan dilebih-lebihkannya perasaan negatif sehingga menutup perasaan positif yang ada dalam diri. Maka dari itu, untuk membantu meningkatkan kepositifan diri sendiri, coba 5 contoh self-affirmation ini dulu! 

  • Aku tidak takut untuk terus maju, aku percaya dengan diriku sendiri
  • Aku sudah berusaha sejauh ini, aku bangga banget sama diriku
  • Ini hanyalah satu momen dalam kehidupanku yang tidak menetapkan siapa diriku yang sebenarnya
  • Semuanya akan lebih baik 
  • Ini hanyalah isi pikiranku, aku yang akan memutuskan apa yang kurasakan

Self-affirmation untuk meningkatkan self-esteem : 

  • Aku melepaskan segala pikiran negatif tentang diriku
  • Aku percaya pada diriku 
  • Aku dalam perjalanan untuk lebih bertumbuh dan berkembang
  • Aku konsisten pada segala hal yang kukatakan dan lakukan 

Self-affirmation umum untuk sehari-hari : 

  • Aku adalah seseorang yang unik dan cantik/tampan
  • Aku terlahir kuat dan semakin kuat seiring waktu
  • Aku selalu melakukan yang terbaik 
  • Aku juga penting dan bermakna 

Tips 

Ternyata banyak banget kan manfaat yang bisa kita dapat dari melakukan self-affirmation. Nah, kalau begitu mungkin fellas juga bisa mencoba tips berikut agar manfaat dari self-affirmation semakin terasa lagi! 

  1. Tulis afirmasi yang kamu mau pada sebuah kertas dan cobalah berbicara di depan cermin. Metode ini bisa membantu meningkatkan efektivitas dari self-affirmation itu sendiri 
  2. Gunakan afirmasi yang merefleksikan nilai pribadi yang kamu pegang teguh
  3. Meditasi dengan afirmasi positif, lebih aktif dan efektif dalam memberikan manfaat, salah satunya yaitu, tidur yang lebih nyenyak

Itu deh fellas, sedikit penjelasan mengenai self-affirmation. Nggak nyangka, ternyata banyak banget manfaat yang bisa kita dapatkan hanya dengan membicarakan kalimat positif pada diri sendiri. Menarik banget ya! Kalau gitu, jangan lupa untuk dicoba ya!

  1. Davis, T. (2019, June 15). Self-Affirmations: Definition, 195 Examples, & Lists. The Berkeley Well-Being Institute. Retrieved April 16, 2022, from https://www.berkeleywellbeing.com/self-affirmations.html
  2. Merriam Webster. (2019, January 3). Self-affirmation Definition & Meaning. Merriam-Webster. Retrieved April 16, 2022, from https://www.merriam-webster.com/dictionary/self-affirmationMoore, C. (2022, March 24).
  3. Positive Daily Affirmations: Is There Science Behind It? PositivePsychology.com. Retrieved April 16, 2022, from https://positivepsychology.com/daily-affirmations/

I Am Okay
I Am Okay merupakan wadah kolaborasi sosial berbentuk kampanye edukasi pentingnya kesehatan mental bagi remaja Indonesia.