Punya Hewan Peliharaan, Seberapa Bermanfaat?

Tidak sedikit dari kita yang memiliki hewan peliharaan. Misalnya seperti anjing, kucing, hamster, hingga ikan. Umumnya, alasan memelihara hewan peliharaan adalah karena rasa sayang terhadap hewan, tidak tega melihat mereka terlantar, atau bahkan memang berkeinginan untuk mencari teman. Tapi, sebenarnya apakah memelihara hewan dapat mendatangkan manfaat bagi diri sendiri?

7 Manfaat Memelihara Hewan yang Harus Kamu Tahu

  1. Membuat kita lebih bahagia dan tenang dengan meningkatkan produksi hormon dopamin dan serotonin.
  2. Menurunkan kemungkinan munculnya gangguan kesehatan mental seperti gejala depresi, kecemasan, hingga stres pascatrauma.
  3. Melatih cara membangun hubungan yang baik dengan orang lain.
  4. Melatih empati.
  5. Membantu melatih rasa tanggung jawab.
  6. Berpotensi meningkatkan aktivitas fisik yang akhirnya berdampak pada kesehatan tubuh.
  7. Mencegah perasaan terisolasi dan kesepian.

Memelihara hewan peliharaan membutuhkan usaha ekstra yang akhirnya meningkatkan pergerakan fisik, misalnya mengajak hewan peliharaan jalan-jalan, memandikannya, dan membersihkan kandangnya. Adanya hewan peliharaan juga dapat menjadi teman berbicara dan bermain bagi manusia. Maka, tidak heran jika memelihara hewan dapat berpengaruh pada kesehatan mental dan kebahagiaan. 

Menariknya, ditemukan bahwa semakin banyak keluarga yang memelihara hewan selama pandemi ini, lho! Temuan tersebut ada di beberapa negara, termasuk Amerika, Indonesia, hingga Jerman. Beberapa artis dunia di bawah ini juga ternyata memelihara hewan, bahkan ada yang lebih dari 1!

  • Selena Gomez: Memelihara 6 anjing yang menjadi sahabat sekaligus pendukung terbesarnya.
  • Britney Spears: Memelihara 5 anjing yang juga merupakan salah satu sumber dukungan sosial bagi dirinya. 
  • Bradley Cooper: Memelihara 1 anjing betina yang bahkan sering diajak ke tempat syutingnya.

Setelah membaca artikel ini, Fellas mungkin ingin memelihara hewan. Tapi, perlu diingat bahwa memelihara hewan bukan hal mudah karena hewan juga makhluk hidup seperti kita yang membutuhkan makan, minum, tempat tinggal yang layak, hingga kasih sayang dan perhatian. 

Jadi, sebelum memelihara hewan, perhatikan beberapa hal ini terlebih dahulu!

  • Siapkan dana, waktu, dan tenaga yang cukup untuk merawatnya. 
  • Perhatikan tempat tinggalmu, apakah ada cukup ruang untuk memelihara hewan? Jika cukup luas, kamu bisa memelihara kucing atau anjing. Tapi jika tidak cukup luas, kamu bisa memelihara hewan kecil seperti hamster dan ikan.
  • Pertimbangkan anggota keluarga yang lain, apakah mereka takut atau bahkan alergi terhadap hewan tertentu?
  • Pelajari hewan yang ingin kamu pelihara, termasuk jenis makanannya, kebiasaannya, hingga karakteristik khususnya. Misal, terdapat jenis hamster yang tidak boleh ditempatkan dalam satu kandang meski saudara kandung sekalipun sebab memiliki kecenderungan mempertahankan teritorinya hingga akan bertengkar dengan hamster lain. 

Nah, apakah sekarang Fellas sudah siap untuk memelihara hewan?

Penulis: Fahira Dumbi
Editor: Muthia Nida
Desain: Dono

Referensi:

  1. Adiyanto. (5 April, 2021). Memelihara Hewan jadi Hobi Baru Warga Jerman di Saat Pandemi. https://mediaindonesia.com/weekend /395495/memelihara-hewan-jadi-hobi -baru-warga-jerman-di-saat-pandemi 
  2. Anggraini, A. P. (30 April, 2020). Memelihara Hewan Bantu Jaga Kesehatan Mental, Kok Bisa?. Kompas.com. https://health.kompas.com/read/2020/04/30 /140000868/memelihara-hewan-bantu -jaga-kesehatan-mental-kok-bisa?page=all 
  3. Bp Magazine. (28 August, 2018). 5 Celebs Who Depend on Their Emotional Support Animals. Retrieved 17 October, 2021 from https://www.bphope.com/pets/5-celebs-who -depend-on-their-emotional-support-animals/ 
  4. Hussin, U. (5 January, 2021). Hobi Memiliki Binatang Peliharaan di Masa Pandemi. https://www.voaindonesia.com /a/hobi-memiliki-binatang-peliharaan -di-masa-pandemi-/5724316.html 
  5. Lundgren, K., Robinson, L., & Segal, R. (July, 2021). The Health and Mood-Boosting Benefits of Pets. HelpGuide. Retrieved 17 October, 2021 from https://www.helpguide.org/articles /mental-health/mood-boosting -power-of-dogs.html

I Am Okay
I Am Okay merupakan wadah kolaborasi sosial berbentuk kampanye edukasi pentingnya kesehatan mental bagi remaja Indonesia.