I Am Okay Indonesia

Pusing Mulai Dari Mana Saking Banyaknya Pekerjaan? Yuk Coba Atasi dengan Eisenhower Matrix!

Semua orang pasti memiliki kesibukannya masing-masing. Khususnya kita sebagai generasi muda juga pasti sedang banyak mencoba berbagai macam kegiatan dan mencari pengalaman mengekspresikan diri, mencari identitas, hingga memupuk karir masa depan. Banyaknya kegiatan tersebut mungkin saja membuat kamu justru menjadi pusing dan bingung. Tapi, kamu pasti tidak bisa hanya tinggal diam membiarkan semua pekerjaan itu menumpuk, kan?

Lalu, bagaimana ya caranya menentukan pekerjaan yang harus diprioritaskan? Nah, kamu bisa coba Eisenhower Matrix sebagai cara yang sudah dikenal ampuh untuk meningkatkan produktivitas seseorang, lho!

Apa itu Eisenhower Matrix?

Mungkin kamu sudah pernah mendengar nama Eisenhower. Yap, Eisenhower adalah Presiden Amerika Serikat ke-34 yang terkenal dengan begitu banyak pencapaian untuk negaranya khususnya saat Perang Dunia ke-2. Menariknya, Eisenhower ternyata memiliki prinsip sendiri untuk membantunya memutuskan pekerjaan yang harus diselesaikannya di hari itu, lho! Prinsip ini kemudian terkenal dengan nama Eisenhower Matrix.  

Eisenhower Matrix memiliki 4 kuadran untuk mengelompokkan daftar pekerjaan yang mendesak (urgent), tidak mendesak (not urgent), penting (important), dan tidak penting (not important). 

Nah, bagaimana cara menggunakan keempat kuadran itu ya?

Cara Menggunakan Eisenhower Matrix

1. Kuadran 1

Seperti di gambar, kuadran 1 itu harus kamu isi dengan daftar pekerjaan yang mendesak dan penting. Contohnya adalah tugas kuliah atau organisasi bersifat individu yang tenggat waktunya adalah besok. Nah, pekerjaan di kuadran inilah yang harus kamu prioritaskan alias harus kamu selesaikan secepatnya, ya!

2. Kuadran 2

Kuadran 2 ini kamu isi dengan daftar pekerjaan yang penting tapi tidak mendesak. Contohnya, kamu harus memikirkan topik-topik webinar yang akan didiskusikan oleh kamu dan teman-temanmu minggu depan. Jadi, kamu tidak harus mengerjakannya hari ini. Tapi, tetap buat perencanaan ya kapan kamu akan mengerjakan tugas tersebut.

3. Kuadran 3

Kuadran ini untuk pekerjaan yang mendesak tapi tidak penting. Misalnya, ada teman kamu yang meminta tolong kamu untuk menjelaskan materi kuliah, tapi kamu tahu bahwa ada orang lain yang bisa menjelaskan lebih baik darimu. Kalau begitu, kamu bisa minta tolong orang itu untuk membantu temanmu, ya!

4. Kuadran 4

Kuadran ini khusus untuk pekerjaan yang tidak mendesak dan tidak penting. Yap, seperti membuka media sosial berjam-jam tanpa tujuan yang jelas. Pekerjaan seperti itu lebih baik kamu eliminasi alias tidak perlu dilakukan ya!

Eisenhower Matrix bisa kamu gunakan untuk memperbaiki to-do-list kamu agar lebih jelas pekerjaan mana yang harus segera dikerjakan hingga pekerjaan mana yang justru tidak harus kamu kerjakan.

Jadi, sudah siap untuk menjadi lebih produktif?

“The most important thing in life is knowing the most important things in life” –David F Jakielo

Penulis:  Khairunnisa Syafira Dumbi
Desain oleh: Amelia Putri Aryani
Editor: Nida Zhafira

Referensi:

  • Eisenhower Matris Apps. (2021). Introducing the eisenhower matrix. Diambil dari https://www.eisenhower.me /eisenhower-matrix/
  • Scroggs, L. (n.d.). The eisenhower matrix. Diambil dari https://todoist.com/ productivity-methods/eisenhower-matrix
I Am Okay
I Am Okay merupakan wadah kolaborasi sosial berbentuk kampanye edukasi pentingnya kesehatan mental bagi remaja Indonesia.