I Am Okay Indonesia

Rahasia Tetap Erat Meskipun Terpisah Oleh Jarak

Apakah kamu membaca tulisan ini sekarang karena sedang berada dalam hubungan jarak jauh atau long-distance relationship (LDR)?

Kalau iya, berarti kamu sudah melakukan salah satu langkah yang benar. Selamat, ya! Semoga dengan ini, kamu dan pasanganmu tetap bisa erat meskipun sedang terpisah jarak.

Nah, sebelum membahas resep rahasia, kita bahas dulu yuk, apa saja keuntungan LDR. Iya, keuntungan! Kata siapa LDR hanya membawa kesulitan?

Manfaat Long-Distance Relationship (LDR)

Kelmer dkk. (2013) menunjukkan di dalam penelitiannya bahwa pasangan LDR memiliki kebebasan, komitmen, kualitas, dan stabilitas hubungan yang lebih baik. Partisipan LDR dalam penelitian tersebut juga melaporkan komunikasi negatif yang lebih rendah karena mereka selalu menghargai waktu bersama sehingga memilih untuk mengisinya dengan hal-hal positif dan menghindari hal negatif. Pasangan LDR juga memiliki optimisme yang lebih tinggi kalau hubungan mereka akan bertahan lama bahkan hingga jenjang pernikahan. Hal ini masuk akal jika mengingat pengorbanan mereka dalam menjalani LDR sebagai salah satu bukti komitmen serius dalam hubungan dibandingkan dengan pasangan yang tidak mau atau tidak mampu menjalani LDR. 

Lalu, bagaimana caranya agar dapat memperoleh berbagai keuntungan tersebut dan bertahan dalam LDR?

Tips Menjaga Long-Distance Relationship (LDR)

1. Atasi segala perasaan tidak nyaman yang kamu miliki

LDR dapat menimbulkan perasaan cemas, khawatir, dan takut. Perasaan ini datang karena kamu kesulitan untuk sering bertemu pasanganmu atau memastikan kegiatan sehari-harinya secara langsung. Namun, justru perasaan tidak nyaman tersebut dapat menjadi bumerang bagimu. Jadi, tenangkan dan hibur dirimu terlebih dahulu dan sampaikan kegelisahanmu kepada pasangan dengan kepala dingin dan hati yang tenang, ya!

2. Kunjungi pasanganmu sesekali

Meskipun tidak dapat sering bertemu, coba luangkan waktu untuk mengunjungi pasanganmu jika memang memungkinkan. Namun, jika sulit, sampaikan halangan tersebut kepada pasanganmu dan tetap beri dukungan serta perhatian dari jauh. Dengan begitu, kehangatan dan kepercayaan hubungan akan tetap terjaga.

3. Diskusikan rencana dan komitmen masa depan

LDR kerap menjadi masalah karena individu yang menjalaninya merasa tidak memiliki kepastian terhadap masa depan hubungan. “Apakah dia akan tetap sayang padaku? Apakah dia ingin tetap bersamaku? Apakah dia akan tetap jauh dariku?”. Berbagai pertanyaan tersebut mungkin sering kamu pikirkan. Nah, daripada galau terus, coba tanyakan dan diskusikan dengan pasangan mengenai rencana kelanjutan hubungan kalian agar kalian dapat menjalin hubungan dengan tenang meskipun terpisah oleh jarak.

4. Bangun komunikasi positif

LDR bukan menjadi alasan untuk menuntut kabar setiap menit dari pasanganmu, sering menanyakan kehidupan pribadinya yang mungkin membuatnya tidak nyaman, serta sibuk dan hilang tanpa kabar. Bangunlah komunikasi yang rutin tanpa berlebihan, positif, dan berkualitas agar kalian tetap merasa dekat. Misalnya membicarakan kesulitan atau pembelajaran baru yang kalian dapat pada hari tertentu. 

5. Samakan persepsi terhadap hubungan

LDR sering dianggap menyulitkan dan merugikan. Tapi, justru pemikiran tersebut yang membuat hubungan LDR sulit bertahan. Coba samakan persepsi kalian mengenai LDR, misalnya dengan membicarakan hal-hal baik apa yang hanya dapat kalian temukan dalam LDR, kebahagiaan apa yang kalian rasakan, hingga pelajaran tertentu yang dapat kalian syukuri karena bertahan dalam LDR. Intinya, bangun persepsi bahwa LDR tidak selalu buruk dan kalian tetap bahagia menjalaninya.

Jadi, sudah tahu, kan, apa saja resep rahasia menjalani LDR? Yuk, coba terapkan secepatnya agar hubunganmu tetap hangat dan dekat meskipun terpisah oleh jarak!

Desain oleh: Nanda Luthfiah
Penulis: Khairunnisa Fahira Dumbi
Editor: Nida Zhafira

I Am Okay
I Am Okay merupakan wadah kolaborasi sosial berbentuk kampanye edukasi pentingnya kesehatan mental bagi remaja Indonesia.