I Am Okay Indonesia

Seberapa Penting sihh Passion Itu?

Passion merupakan kecenderungan kuat terhadap suatu kegiatan yang disukai oleh seseorang, dimana mereka akan rela mengorbankan waktu dan energinya.

Kamu pasti sering mendengar kalimat “hiduplah dengan passion” atau “bekerjalah sesuai dengan passion mu”. Kata passion seolah-olah menjadi dasar dalam melakukan sesuatu. Bahkan sebagian besar orang menganggap jika salah satu puncak kebahagiaan adalah ketika menemukan passion. Tak heran jika orang-orang mencoba banyak hal baru di luar zona nyaman mereka demi menemukan passion yang benar-benar mereka minati. Tapi apa benar hidup hanya tentang menemukan passion? Seberapa penting sih passion itu mempengaruhi hidup dan kebahagiaan kita?

Apa sih Passion itu?

Sebelum lebih jauh membahas penting tidaknya menemukan passion, kita harus tahu dulu sebenarnya yang dimaksud passion itu seperti apa. Seorang profesor psikolog di Universitas Montreal, Kanada, Robert J. Vallerand, Ph.D. dan Houlfont menganggap jika passion merupakan kecenderungan kuat terhadap suatu kegiatan yang disukai oleh seseorang, dimana mereka akan rela mengorbankan waktu dan energinya untuk melakukan hal tersebut. 

Senada dengan Vallerand dan Houlfont, John Maxwell, seorang motivational speaker terkenal dari Amerika menggambarkan passion sebagai “the fuel for will’ atau bahan bakar untuk kemauan. Dalam artian passion mengubah “keharusan” menjadi “kemauan”. Jadi ketika kamu sangat menginginkan sesuatu, kamu akan menemukan tekad untuk melakukannya dan tidak akan berhenti sampai kamu benar-benar mencapainya.

Mungkin akan muncul pertanyaan, lalu apa bedanya dengan hobi? Baik hobi maupun passion sama-sama merupakan kegiatan yang sangat disenangi dan keduanya  memerlukan  usaha untuk mendapatkan atau melakukannya. Perbedaanya terletak pada output atau manfaat yang dihasilkan.

Anggaplah kamu sangat senang bermain musik. Setiap hari kamu bermain musik untuk melepas penat dan merasakan kebahagiaan ketika melakukannya. Hanya berhenti sampai di situ. Ini disebut hobi. Berbeda halnya jika kamu saat kamu bermain musik, selain karena senang melakukannya, kamu juga mendapatkan ‘nilai’ dari apa yang kamu lakukan tadi. Baik berupa materi maupun penghargaan.

Passion merupakan kecenderungan kuat terhadap suatu kegiatan yang disukai oleh seseorang, dimana mereka akan rela mengorbankan waktu dan energinya
Hal ini disebut passion. Ada ‘nilai’ lebih yang kamu dapat dari aktivitas yang kamu senangi.

Mengenal Macam-macam Passion

Setidaknya ada dua macam passion yang dikemukakan oleh Vallerand dan Houlfont:

  1. Obsessive Passion

Proses pencarian passion yang satu ini dilandasi oleh suatu tekanan, seperti self acceptance atau bahkan self-esteem itu sendiri.  Oleh karena itu, obsessive passion biasanya muncul karena adanya dorongan motivasional yang sangat kuat berupa tekanan. Obsessive passion ini bisa dibilang dikendalikan oleh ego. Sebab orang yang memiliki passion ini sangat obsesif terhadap suatu aktivitas hingga sulit untuk berhenti.

  1. Harmonious Passion 

Ketika proses pencarian passion, kamu dilandasi oleh keselarasan dengan identitas diri tanpa adanya paksaan atau tekanan, kamu bisa menemukan harmonious passion. Passion ini muncul karena adanya dorongan motivasional berupa kesukarelaan dalam melakukan sesuatu. Orang yang menemukan harmonious passion akan benar-benar merasa senang ketika melakukan suatu aktivitas tanpa mengganggu aktivitas dan kegiatan lainnya. 

Pentingkah Menemukan Passion?

Passion saat ini diyakini sebagai sesuatu yang mendorong untuk melakukan suatu aktivitas, atau setidaknya mempengaruhi pilihan terhadap sesuatu yang ingin dilakukan. Misalnya saja dalam hal pekerjaan hingga memilih jurusan kuliah. Semuanya dipengaruhi oleh dorongan passion. Sehingga banyak orang berlomba-lomba untuk menemukan passion-nya sedini mungkin.

Jadi apakah menemukan passion sepenting itu? Jawabannya iya dan tidak. Semua tergantung dari pilihan hidup masing-masing. Menyenangkan memang melakukan aktivitas sesuai dengan passion. Beberapa orang cukup beruntung memiliki passion yang cocok dengan dunia bisnis, jadi jika mereka bekerja keras dan gigih, mereka dapat mengubah passion mereka menjadi karir yang realistis. Namun sayangnya itu tidak berlaku untuk semua orang. Bagi sebagian orang, ada faktor lain yang lebih penting dalam menemukan kebahagiaan dan menjalani kehidupan.

Tip Menemukan Passion

Meski hidup dengan passion terdengar menyenangkan, namun ternyata untuk menemukannya tidak semudah kedengarannya. Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menemukan passion:

  1. Sadari jika Passion Bisa Berubah-ubah

Beberapa orang perlu bekerja keras dengan mencoba banyak hal baru secara bergantian untuk menemukan passion mereka. Ternyata itu tidaklah salah sepenuhnya, sebab passion bisa berubah-ubah sesuai dengan kondisi. Semakin banyak pengalaman kamu, maka kamu akan menyadari mana yang paling menyenangkan.

  1. Selalu Terbuka dan Jangan Takut Melakukan Hal Baru

Seiring berjalannya waktu, kamu akan banyak menemukan hal-hal baru. Hal ini menjadi tantangan sendiri untuk kamu, apakah ingin mencobanya atau berhenti pada satu aktivitas yang kamu senangi saja. 

  1. Tekuni Aktivitas Yang Kamu Senangi

Jika kamu sudah berada pada tahap menemukan satu atau beberapa aktivitas yang kamu senangi, fokus dan tekuni aktivitas-aktivitas itu sehingga berubah menjadi passion.
Menemukan passion tidak hanya sekedar menyenangi aktivitas yang kamu lakukan, tapi bagaimana membangunnya menjadi sesuatu yang bernilai tidak hanya bagi kamu tapi juga buat orang di sekeliling kamu.

Desain oleh: Zordy
Penulis: Hamid
Editor: Nurul Malahayati

Referensi:

  1. Carter, Sherrle Bourg. 2013. The Power of Passion. https://www.psychologytoday.com/intl/blog /high-octane-women/201304/the-power-passion
  2. Moeller, Julia. 2017. Passion 101. https://www.psychologytoday.com/intl/blog /passion-101/201705/passion-101-0
  3. Levoy, Gregg. 2015. Awakening Passion. https://www.psychologytoday.com/intl/blog /passion/201501/awakening-passion
  4. Kusuma, Ade Chandra Gita. 2020. Passion: Mengapa Penting Untuk Dimiliki. https://satupersen.net/blog/passion -mengapa-penting-untuk-dimiliki
I Am Okay
I Am Okay merupakan wadah kolaborasi sosial berbentuk kampanye edukasi pentingnya kesehatan mental bagi remaja Indonesia.