Sering tak Dianggap, Ini Alasan Mengapa Orang Mengabaikanmu!

Merasa seperti diabaikan memang dapat menyebabkan perasaan kurang berharga daripada orang lain atau kamu merasa memiliki defisit sosial yang membuat kamu menjadi invisible. Nantinya, pengalaman ini dapat menyebabkan perasaan tidak aman, keraguan diri, frustrasi dan harga diri rendah. Tetapi dengan membuat perubahan kecil, kamu dapat membuat orang memperhatikanmu, menghormati, dan ingin berbicara denganmu. 

Buatlah perubahan kecil tanpa perlu merubah siapa dirimu dengan beberapa alasan serta tips untuk mengatasinya!

Alasan mungkin mengapa orang mengabaikanmu:

1. Kamu pendiam atau tidak tahu harus berkata apa.

Orang biasanya tidak mengerti bahwa kamu pendiam karena pemalu atau tidak tahu harus berkata apa. mereka pikir mereka akan membantu dengan tidak mengajakmu bicara. Cobalah untuk mengatur rasa malu dan melatih keterampilan percakapanmu!

Kamu menunggu orang untuk mengakui kehadiran dirimu terlebih dahulu.

Ketika kamu menunggu orang lain bersikap baik terlebih dahulu, itu dapat membuka kesempatan bagi orang lain untuk menganggapmu tidak ramah dan sombong.

2. Kamu mungkin mengganggu atau eksentrik

Cobalah untuk memahami situasi dan mengatur tindakan dengan cara yang tepat. Tunjukkan sisi dirimu yang lembut, atau tenang, atau intens.

3. Jadilah proaktif dan sosial

Tidak perlu malu untuk lebih menunjukkan dirimu yang sedikit lebih aktif dan peduli terhadap sosial.

4. Kamu mungkin negatif atau berenergi rendah

Tidak apa-apa untuk tidak bersemangat sesekali, tapi jangan keterusan ya! Cobalah untuk membuang energi negatif dengan tersenyum, menghargai orang lain, tidak sinis dan biasakan untuk mengatakan sesuatu yang positif.

5. Kamu mungkin lupa melakukan kontak mata saat mulai berbicara

Ketika melakukan kontak mata dengan seseorang, hampir tidak mungkin bagi mereka untuk tidak membicarakan hal lain denganmu.

6. Kamu mungkin tidak menunjukkan minat yang cukup

Triknya adalah terlihat tertarik walau kamu hanya mendengarkan dengan melakukan kontak mata dan memberikan respon seperti, “wow!’ “seru banget!” “sangat menarik!”, atau memberikan pertanyaan lanjutan.

Intinya, jika kamu merasa diabaikan, itu mungkin karena orang lain tidak melihat nilai yang kamu berikan. Tetapi, kabar baiknya adalah kamu bisa mengubahnya! Lakukanlah beberapa refleksi dan introspeksi, atau mungkin beberapa pelatihan, untuk beralih dari diabaikan menjadi diperhatikan.

Desain oleh: Farah Shalihah
Penulis: Chandadya S
Editor: Muthia Nida

Referensi:

  1. Upjourney. (2021). Why Do People Ignore Me? (9 Potential Reasons According to Experts). Up Journey. Diakses pada 9 Juni 2021 melalui https://upjourney.com /why-do-people-ignore-me
  2. Liu, Xinyi. (2020). 6 Reasons Why People Are Ignoring You. Psych2Go. Diakses pada 9 Juni 2021 melalui https://psych2go.net /6-reasons-why-people- are-ignoring-you/
  3. Morin, David A. (2019). Do People Ignore You? Reasons Why & What to Do. Social Pro. Diakses pada 9 Juni 2021 melalui https://socialpronow.com /blog/people- ignore-me/
I Am Okay
I Am Okay merupakan wadah kolaborasi sosial berbentuk kampanye edukasi pentingnya kesehatan mental bagi remaja Indonesia.