I Am Okay Indonesia

Sunday Scaries: Mengapa Terkadang Hari Senin Terasa Menyeramkan?

Sunday scaries menggambarkan perasaan cemas, khawatir, atau takut yang muncul pada hari minggu karena rasa antisipasi terhadap hari senin

Bagi sebagian orang, pertengahan akhir tahun ini dapat menjadi awal dari segala hal. Ada yang di pertengahan akhir tahun ini resmi menjadi maba di universitas idamannya, ada mereka yang sudah mulai kuliah dengan menyandang status mahasiswa akhir, ada mereka yang semester ini sudah mulai memasuki masa sekolah luring, atau bahkan ada juga mereka yang sudah memulai karier dengan magang di perusahaan impiannya. 

Terlepas dari perbedaan “awal” yang mereka jalani, ada satu kesamaan yang mereka semua miliki, yaitu mereka sama-sama memulai perjalanan mereka pada satu hari yang spesifik. Hari Senin.

Memasuki hari Senin, hari dimana semuanya berawal, bagi sebagian orang dapat terasa cukup menakutkan. Berbagai perasaan tidak mengenakkan mulai terasa di lubuk hati, lalu secara perlahan mulailah perasaan-perasaan tersebut berubah bentuk menjadi pikiran-pikiran negatif yang semakin membuat kita merasa tidak tenang.

Kenapa kita merasa seperti itu? Apa yang sebenarnya sedang terjadi?

Fellas, apabila kalian suka merasa begitu, itu tandanya kalian sedang mengalami yang namanya Sunday scaries!

Apa sih, Sunday scaries itu?

Sunday scaries adalah salah satu bentuk anticipatory anxiety atau rasa cemas terhadap suatu hal yang belum terjadi. Tidak selalu tentang overthinking, bentuk kecemasan yang satu ini biasanya berfokus pada hal-hal di masa depan yang tidak bisa kita ubah atau kontrol. 

Seperti namanya, Sunday scaries menggambarkan perasaan cemas, khawatir, gelisah, atau takut yang biasanya muncul di hari Minggu karena rasa antisipasi terhadap hal-hal yang akan terjadi pada hari Senin atau sepanjang minggu yang akan datang. 

Lalu mengapa Sunday scaries dapat terjadi?

Truth be told, fenomena ini sebenarnya tergolong umum dan wajar terjadi pada semua kalangan usia dan okupasi. Bukan hanya dalam konteks pendidikan dan pekerjaan, Sunday scaries juga dapat terjadi dalam kehidupan dalam ranah yang sederhana seperti khawatir mengenai kemacetan yang harus kamu lalui dalam perjalanan atau bahkan sesederhana khawatir tentang baju apa yang mau kamu pakai untuk esok hari.

Terlepas dari hal tersebut, ada beberapa hal yang dapat menjadi pemicu utama dari terjadinya Sunday scaries ini nih, fellas. 
  1. Transisi dari weekend ke weekday

Siapa sih yang gak merasa sedih ketika weekend berakhir. Dua hari berharga yang rasanya dengan sekali kedip langsung berlalu—habis—sirna—musnah, dan tau-tau saja hari Senin telah menanti. Terlebih lagi kalau waktu weekend kita habiskan dengan mengerjakan tugas yang belum terselesaikan dan alhasil kita benar-benar tidak mendapatkan waktu istirahat yang cukup, deh. Hmm… kalau gitu caranya wajar banget sih Sunday scaries ini terjadi, sih.

  1. Burnout

Nah, satu hal lain yang menjadi sumber dari terjadinya Sunday scaries ini adalah burnout. Burnout sendiri adalah salah satu bentuk dari ‘kelelahan’ yang dampaknya lebih terlihat pada aspek psikis dibandingkan fisik. Kondisi ini sangat berkaitan dengan pekerjaan atau kegiatan seseorang baik dalam kalangan pelajar maupun pekerja. Rasa lelah terhadap pembelajaran, aktivitas, dan pekerjaan dapat membuat seseorang lebih mungkin untuk mengalami perasaan atau pikiran negatif ketika hendak menghadapinya karena hal-hal tersebut memberi tekanan emosional yang apabila terjadi secara berkepanjangan dengan intensitas yang tinggi, dapat menyebabkan masalah mental lainnya loh, fellas. 

Karena gejala dan dampak yang mirip, burnout juga sering disamakan dengan depresi, loh. Untuk itu, yuk kenali perbedaan burnout dan depresi selengkapnya pada artikel ini.

Terlepas dari dua sumber pemicu tersebut, sebenarnya Sunday scaries juga dapat menjadi batang dari akar permasalahan yang lebih dalam, loh. 

Untuk mengetahui sumber utama permasalahan ini, kamu perlu banyak-banyak merefleksikan diri karena bisa saja penyebab burnout yang kamu alami adalah karena kamu merasa tidak cocok dengan pekerjaanmu atau karena kamu terlalu fokus dengan pendidikan sampai-sampai kamu lupa untuk mengurus dirimu sendiri.

Nah, tetapi sebenarnya Sunday scaries itu dapat dihindari gak, sih?

Satu hal yang harus kalian pahami, Sunday scaries juga adalah salah satu bentuk flight or fight responses yang kita lakukan untuk mengantisipasi ancaman yang akan datang. Jadi sebenarnya tidak salah apabila kita mengalami Sunday scaries. Itu tandanya mekanisme perlindungan mental kita bekerja dengan baik. 

Karena tidak bisa benar-benar dicegah, iamokay.id punya beberapa tips nih, untuk mengurangi perasaan dan pikiran negatif yang mengiringi Sunday scaries ini.

  1. Sabtu atau Minggu?

Don’t overbook yourself! Untuk kalian yang selalu menggunakan waktu weekend untuk menyelesaikan tugas yang belum terselesaikan, apabila masih bisa untuk diubah, maka ubahlah kebiasaan tersebut! Pilihlah satu diantara kedua hari untuk menjadi hari dimana kamu wajib menyelesaikan pekerjaanmu yang belum selesai di minggu tersebut sehingga kamu benar-benar memiliki waktu untuk santai dan istirahat di hari weekend.

  1. Cari sumber penyebabnya!

Untuk menyelesaikan suatu masalah, tentunya kita perlu tau sumbernya terlebih dahulu, karena ketika kita sudah tau penyebabnya, akan lebih mudah nantinya dalam menyusun rencana agar masalah itu tidak menjadi semakin besar. Namun, yang terpenting setelah kita menemukan sumbernya adalah kita harus segera bertindak. Jangan setelah tau malah didiamkan saja, ya.

  1. Coba terapkan konsep gaya hidup ikigai

Untuk kamu yang sedang dalam perjalanan untuk menemukan kebahagiaan versimu sendiri, mungkin menerapkan konsep gaya hidup ikigai dapat menjadi langkah yang tepat untuk dilakukan. Konsep hidup yang berasal dari Jepang ini dapat menumbuhkan motivasi dan tujuan seseorang untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Oleh karena itu, ikigai dapat membuat seseorang lebih siap dan terbuka untuk menghadapi hari-hari yang akan datang.
Nah, itu dia beberapa tips dari iamokay.id mengenai cara untuk mengurangi perasaan negatif yang tidak mengenakkan dalam menghadapi Sunday scaries. Semoga membantu ya, bagi kalian yang sedang mengalaminya.

Penulis: Litara Fathin
Editor: Noor Faa’izah
Desain: Dono

Referensi:

  1. Fuller, K. (2021, February 16). What are the sunday scaries?. Verywellmind. https://www.verywellmind.com /what-are-the-sunday-scaries-5094087 
  2. Pandise, E. (2017, July 17). The ‘sunday scaries’ are real—Here’s why. NBC News. https://www.nbcnews.com /better/health/sunday-scaries-are -real-why-ncna783186 Raypole, C. (2020, August 25).
  3. Sunday scaries are real—Here’s how to cope. Healthline. https://www.healthline.com/health /sunday-scaries#takeaway
I Am Okay
I Am Okay merupakan wadah kolaborasi sosial berbentuk kampanye edukasi pentingnya kesehatan mental bagi remaja Indonesia.