I Am Okay Indonesia

Ternyata Bernostalgia Baik untuk Melepaskan “Rasa Sakit”, lho!

Siapa di antara kamu yang sering memandangi foto-foto kecil atau foto beberapa tahun yang lalu? Ini menjadi salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk mengingat kembali memori-memori lama atau biasa kita sebut dengan bernostalgia.

Terkadang tanpa sadar, kita merasa sedih sekaligus rindu ketika sedang bernostalgia. Akan tetapi, tahukah kamu kalau bernostalgia ternyata dapat meningkatkan emosi positif kita? Bahkan, perasaan yang muncul ketika bernostalgia dapat meningkatkan suasana hati dan dapat mengurangi rasa sakit, lho!

Apa itu Nostalgia?

Nostalgia merupakan campuran perasaan pahit dan manis ketika mengingat satu momen di waktu yang lalu. Hal ini menjadi manis karena bisa menghidupkan kembali momen-momen indah, tetapi juga bersifat pahit karena kita kemudian sadar jika momen-momen ini tidak akan pernah bisa diulang.

Nostalgia awalnya digambarkan sebagai “penyakit neurologis yang pada dasarnya disebabkan oleh setan” menurut Johannes Hoffer, dokter Swiss yang menciptakan istilah tersebut pada tahun 1688. 

Nostalgia memang terkadang pahit dan menyakitkan. Namun, di balik itu semua, percayalah kalau hidup akan lebih bermakna, bahkan membuat kematian tampak tidak terlalu menakutkan.  Ketika orang berbicara sedih tentang masa lalu, mereka biasanya menjadi lebih optimis dan terinspirasi tentang masa depan yang akan dijalani.

Peran Memori dalam Rasa Sakit

Nostalgia telah terbukti mengatasi rasa kesepian, kebosanan, dan kecemasan. Itu membuat orang lebih murah hati kepada orang asing dan lebih toleran terhadap orang luar. Pasangan merasa lebih dekat dan terlihat lebih bahagia ketika mereka berbagi kenangan nostalgia. Misalnya, pada hari yang dingin atau di ruangan yang dingin, orang menggunakan nostalgia untuk benar-benar merasa lebih hangat.

Meski tidak begitu persis, tetapi para ahli mengatakan jika ada beberapa hubungan antara memori dan persepsi rasa sakit. Seorang spesialis dalam pemulihan saraf bernama Kelly Kent, PhD mengatakan jika setiap kali kita mengingat sebuah pengalaman, kita harus mengaktifkan kembali neuron dan jaringan yang diaktifkan selama pembuatan memori.

Hal ini juga berarti bahwa setiap kali kita mengingat dan mengalami, kita mereformasinya sebagai rangkaian neuron baru yang berbeda. Jaringan juga menyala karena pengumpul harus berada di tempat dan waktu yang berbeda.

Pernyataan ini mendukung hasil penelitian yang dilakukan oleh para peneliti di Chinese Academy of Sciences yang mendapatkan bahwa perasaan nostalgia membantu orang mengatasi rasa sakit tingkat rendah dengan mengurangi aktivitas otak. Bahkan, nostalgia dikatakan dapat membantu mengurangi beberapa rasa sakit secara fisik.

Efek Analgesik Ringan Saat Melihat Foto Nostalgia

Caption: Melihat gambar yang membangkitkan nostalgia membawa kita ke “tempat yang hangat dan aman” di mata pikiran kita.

Siapa yang sering bernostalgia melalui foto-foto kenangan? Ini menjadi salah satu cara yang paling umum jika kita ingin bernostalgia dengan momen tertentu. Namun, tahukah kamu? Melihat gambar nostalgia ternyata mengaktifkan mekanisme penghilang rasa sakit di otak dan memiliki efek analgesik pada nyeri ringan tingkat rendah.

Dalam dunia medis, analgesik ini merupakan satu obat pereda nyeri untuk menghilangkan rasa sakit akibat radang sendi, operasi, cedera, sakit gigi, sakit kepala, kram menstruasi, dan nyeri otot.

Banyak ahli yang meyakini jika foto nostalgia yang membangkitkan emosi positif memiliki kekuatan untuk membantu kita melepaskan diri dari rasa sakit dan penderitaan hari ini dengan mengingatkan kita akan masa-masa yang lebih bahagia. Melihat gambar yang membangkitkan nostalgia membawa kita ke “tempat yang hangat dan aman” di mata pikiran kita.

Cara Lain Membangkitkan Perasaan Nostalgia

Selain melihat foto-foto lama, kamu juga bisa membangkitkan perasaan nostalgia melalui beberapa cara, seperti:

  1. Mendengarkan Musik

Sudah menjadi rahasia umum, saat kita mendengarkan musik dari masa kanak-kanak atau musik beberapa tahun yang lalu, kita seakan berkunjung ke masa atau momen-momen tertentu. Ini bisa berupa lagu dari film favorit, musikal, atau bahkan hanya lagu populer saat zaman sekolah dulu.

  1. Menonton Film

Selain musik, menonton ulang film saat kita kecil juga bisa membangkitkan memori nostalgia. Masih ingatkah film favorit semasa kecil yang kamu nonton lewat koleksi DVD? Film apa yang bisa kamu tonton berulang kali tanpa merasa bosan?

  1. Mengunjungi Tempat-tempat Tertentu

Ini bisa dimulai dengan mengunjungi sekolah kamu. Tak terhitung berapa banyak kenangan yang kita alami saat berkunjung ke sekolah lama. Meski mungkin kini bangunannya berubah, , tetapi memori yang dirasakan akan tetap sama.

Selain itu, berkendara atau berjalan-jalan di sekitar lingkungan lama kamu bisa jadi membangkitkan emosi dan kenangan lama tentang tumbuh dewasa. Misalnya, coba lihat toko yang biasa kamu kunjungi atau tempat favoritmu yang lain. Perhatikan detailnya dan amati apa saja yang telah berubah sepanjang tahun berlalu 

Nostalgia memang adalah sebuah perasaan yang kuat. Nostalgia memberi kita rasa bahagia dan kerinduan sentimental ketika kita memikirkan kenangan indah dari masa lalu kita. Seringkali ketika kita merenungkan kenangan lama itu, mood kita akan meningkat dan stres kita akan berkurang Telah ditunjukkan bahwa perasaan nostalgia juga dapat membantu orang merasa dihargai, dicintai, dan meningkatkan persepsi dukungan sosial ketika orang merasa kesepian.

Jadi hari ini, kamu bernostalgia tentang apa?


Penulis : Idham Hamid
Editor : Zandha
Desain : Hemal
SEO Editor : Della AP


Referensi

  1. Finds, Study. Februari 2022.  Nostalgia relieves pain: Just looking at old photos can cure common aches, study shows. https://www.studyfinds.org/nostalgia-pain-relief/
  2. Puglee, Miechelle. March 2022. How Nostalgia Can Sometimes Help Ease Pain. https://www.healthline.com/health-news/how-nostalgia-can-sometimes-help-ease-pain#What-experts-have-to-say
  3. Drevitch, Gary. March 2022. How Nostalgia Relieves Pain.  https://www.psychologytoday.com/intl/blog/the-athletes-way/202203/how-nostalgia-relieves-pain
  4. NN. Juni 2022. 5 Things To Get You Feeling Nostalgichttps://www.storiicare.com/blog/how-to-feel-nostalgic