I Am Okay Indonesia

Ternyata Kesialan Dapat Membawa Keberuntungan

Fellas, pernah gak sih kalian membuat sebuah keputusan tapi keputusan tersebut justru berakhir buruk? Setelah itu, kalian jadi berpikir, “Coba aja kalau kemarin mengambil keputusan yang lain, pasti hasilnya gak akan berakhir seperti ini.” Kesialan atau nasib buruk yang kita alami itu bisa jadi malah membawa nasib baik, lho! Kok bisa begitu ya? Yuk, simak terus artikelnya.

Filosofi The Nova Effect

Untuk bisa lebih memahami soal fenomena ini, mari kita baca terlebih dahulu cerita dari Pursuit of Wonder yang berjudul, “The Nova Effect – The Tragedy of Good Luck.” Jadi, begini ceritanya…

Pada suatu hari, seorang pemuda bernama Eric sedang membawa anjingnya yang bernama Nova untuk berjalan-jalan. Di tengah perjalanan, Nova terlepas dari tali yang dipegang oleh Eric dan lari mengejar seekor kelinci yang melompat dari semak-semak. Eric kemudian berusaha untuk mengejar anjingnya, tetapi Nova malah berlari semakin kencang. Eric pun sedih dan terus berusaha mencari Nova. Sayangnya, pencarian tersebut tak kunjung membuahkan hasil. Nova masih hilang dan Eric mulai berpikir, “Kalau saja kelinci itu tidak muncul atau tangannya bisa lebih kuat ketika memegang tali, mungkin sekarang ini Nova tidak akan hilang.”

Untungnya, seminggu kemudian, ada seorang gadis cantik bernama Vanessa yang menemukan Nova dan mengembalikannya pada Eric. Setelah itu, Eric dan Vanessa saling berkenalan hingga beberapa kali menghabiskan waktu bersama. Akhirnya, Eric dan Vanessa resmi menjalin hubungan sebagai sepasang kekasih. Hubungan mereka berdua berjalan dengan baik hingga Erik berpikir, “Kalau saja Nova tidak hilang waktu itu, mungkin dia tidak akan seberuntung ini hingga bisa bertemu dengan gadis sebaik dan secantik Vanessa.”

Beberapa bulan kemudian, Eric sedang dalam perjalanan menjemput Vanessa. Sialnya, Eric harus mengalami kecelakaan hingga mengalami cedera kepala dan harus menjalani pemeriksaan CT scan. Keesokan harinya, sang dokter memberitahukan kabar baik dan kabar buruk kepada Erik. Kabar buruknya, dari hasil CT scan telah ditemukan tumor dalam kepala Eric. Sedangkan kabar baiknya, tidak ada luka parah akibat kecelakaan yang dialami Eric. Akan tetapi, karena adanya kecelakaan tersebut, tumor pada kepala Eric bisa terdeteksi sejak dini dan belum terlambat untuk menjalani operasi pengangkatan sebelum tumor semakin parah.

Lalu, apa sih yang bisa kita pelajari dari serangkaian nasib yang dialami Eric ini?

Mengenal The Nova Effect

Dari kisah tersebut, dapat kita tarik kesimpulan bahwa sesuatu yang kita anggap sial bisa saja menjadi keberuntungan bagi kita di masa depan, begitu pula sebaliknya. Fenomena inilah yang biasa dikenal dengan “The Nova Effect.” Teori ini pertama kali dibagikan melalui sebuah channel YouTube bernama Pursuit of Wonder yang dikemas dalam sebuah cerita. The Nova Effect berusaha untuk menunjukkan batasan tipis antara kesialan dan keberuntungan serta misteri terkait nasib manusia dalam perjalanan kehidupannya. 

Teori ini mengajarkan kita bahwa hal yang kita anggap sebagai nasib buruk bisa saja menjadi keberuntungan dan sesuatu yang kita anggap baik bisa saja ternyata buruk untuk kita. Dari teori ini, kita bisa belajar bahwa hidup berlangsung dalam rangkaian sebab akibat yang mana setiap hal yang terjadi pada kita disebabkan oleh sesuatu dan akan menjadi penyebab untuk hal lainnya. Rantai sebab akibat ini tidak akan putus sehingga kita tidak pernah tahu apakah peristiwa yang terjadi dalam hidup kita akan menjadi penyebab sesuatu yang positif atau negatif.

Bisa jadi kegagalan, kesialan, atau nasib buruk yang baru saja menimpa kita justru membawa kita menuju awal dari hal-hal baik yang akan datang kepada kita selanjutnya.  Misalnya, ketika kamu ditolak saat mendaftar organisasi di kampus, bisa jadi ini merupakan awal bagi kamu untuk mengembangkan diri dan kemampuan agar lebih maksimal lagi hingga kamu bisa diterima tidak hanya di organisasi kampus, tetapi juga volunteer di luar kampus. Alih-alih terjebak dalam kegagalan, cobalah untuk belajar dari kegagalan tersebut dengan semangat baru. Jika kita terus-terusan melihat sisi buruk dari kegagalan, tidak akan ada yang bisa diubah. Namun, ketika kita melihat sisi baik dari kegagalan tersebut, kita akan menjadi termotivasi untuk mengembangkan diri.

Cara Menyikapi Nasib Buruk

Sebenarnya, sudah menjadi hal yang wajar kalau kita sulit untuk melihat sisi baik dari kejadian buruk yang menimpa kita. Akan tetapi, daripada sibuk menyesali banyak hal yang sudah tidak bisa diubah di masa lalu, kita bisa belajar untuk menjadi lebih optimis dalam memandang sebuah kejadian dalam hidup. Menyikapi nasib buruk tergantung pada perspektif kita. Maka dari itu, tanamkan pada diri kita bahwa akan selalu ada dua sisi dari setiap kejadian yang kita alami. Selalu ingat bahwa semua hal yang terjadi saat ini, baik ataupun buruk, pasti akan membangun diri kita menjadi lebih baik lagi.


Penulis: Shellta Mallarangi

Editor: Zandha

Desain: Yafi

SEO Editor:

I Am Okay
I Am Okay merupakan wadah kolaborasi sosial berbentuk kampanye edukasi pentingnya kesehatan mental bagi remaja Indonesia.