I Am Okay Indonesia

Tips Saat PDKT: Hindari Hal-Hal Ini!

Sebelum memulai suatu hubungan romantis, biasanya banyak pertanyaan berlalu-lalang di benak kita. Mungkin akan muncul keraguan tentang apakah dia orang yang tepat? Apakah dia serius mau memulai hubungan atau dia hanya main-main untuk mengisi waktu?

Untuk itu, penting banget nih menganalisis “calon” pasangan kalian ketika sedang berada dalam tahap PDKT agar kalian tidak salah pilih, serta mengantisipasi hubungan yang tidak sehat dengan si dia.

Untuk Apa Kita Melakukan PDKT? 

PDKT bisa dibilang adalah langkah pertama yang diambil seseorang sebelum memulai hubungan romantis dengan orang lain. 

Penelitian yang dilakukan oleh Adams dan Williams (2011) mengenai pengaruh berbagai macam tips seputar kencan dalam implikasinya untuk membangun hubungan romantis sehat yang diberikan remaja kepada temannya, menemukan bahwa cara kita melakukan PDKT ketika remaja itu merefleksikan cara kita untuk mencari pasangan hidup ketika dewasa.

Nah, kalau saat ini kalian sering gagal di tahap PDKT, mungkin harus ada yang dievaluasi ulang, nih! Mungkin kebiasaan kalian ketika PDKT waktu SMP dulu masih terbawa sampai sekarang.

Beberapa Kesalahan yang Dilakukan Ketika Sedang PDKT

  1. Terlalu acuh, tidak mau membuat first move

Belajar dari pengalaman Ms. Caitlin, seorang psikoterapis yang membagikan pengalamannya seputar dating, kesalahannya yang pertama adalah terlalu acuh dan hanya menunggu si dia untuk nge-chat dia. 

Mungkin hal ini juga sering terjadi dengan kalian. Ketika kalian sedang berada dalam tahap PDKT dengan si dia, biasanya teman-teman kalian menyarankan untuk menunggu ‘dikejar’, terlebih apabila kalian perempuan. 

  1. Terlalu banyak pamer 

Pamer secara umum dapat membuat lawan bicara kita merasa tidak nyaman. Apabila kalian ingin memberitahu si dia tentang pencapaian atau keahlian kita, perhatikan gaya bicara dan intonasi, ya, biar tidak terkesan pamer atau sombong, karena pamer dan bersikap sombong berpotensi membuat kalian di-ghosting, loh fellas.

  1. Tidak banyak bertanya tentang diri si dia

Banyak bertanya bukan berarti kalian harus selalu nge-chat dia pagi-siang-malam terus menerus loh ya! Maksud banyak bertanya disini adalah mencoba mengarahkan pembicaraan tentang si dia ketika kalian sedang menghabiskan quality time bersama.  Dengan mengetahui banyak hal tentang dia, kalian bisa dengan lebih mudah menilai apakah si dia cocok dengan kalian atau tidak, loh.

  1. Mengabaikan red flags yang muncul

“Awalnya aku kira dia ngomong begitu karena memang aku yang salah. Ternyata…”

—Anonim

Terkadang ketika kita sedang dimabuk asmara semua hal rasanya bisa dirasionalisasi dengan kalimat “dia tau yang terbaik”, “dia bersikap seperti itu karena dia peduli sama aku” atau bahkan kita malah mengabaikan peringatan dari teman-teman kita tentang red flags yang dimunculkan oleh si dia. 

Hmm… ternyata PDKT tidak semudah itu, ya. 

PDKT bisa dibilang adalah langkah pertama yang diambil seseorang sebelum memulai hubungan romantis dengan orang lain untuk menjadikan pasangan hidupnya.
Tapi tenang saja, fellas! Ada beberapa tips yang bisa kalian terapkan agar PDKT kalian berjalan lancar, loh!

4 Tips Agar PDKT Kalian Berjalan Lancar

  1. Perhatikan bagaimana pembawaan diri kalian

Kalian pernah denger kalimat “first impression matters”, gak fellas?

Nah, kalimat tersebut bisa banget diterapkan ketika kalian sedang PDKT. Kalian tidak  mau si dia merasa nggak nyaman dengan kita karena pembawaan diri yang terlalu berlebihan atau bahkan tidak memperhatikan pembawaan diri sama sekali ketika PDKT, kan? Tips ini bisa dimulai dengan berbicara secara sopan dan kalem, nih.

  1. Tunjukkan antusias kalian

Ketika si dia sedang membicarakan hal yang ia sukai, cobalah untuk bersikap antusias. Dengan begitu, ia akan merasa didengar dan dihargai, serta kemungkinan besar, dia juga akan balik menghargai ketika kalian membicarakan interest kalian.

  1. Cari tau tentang dia

Nah, mencari tau tentang apa yang si dia sukai sebelum melakukan PDKT juga menjadi tips ampuh agar kamu tidak kehabisan ide untuk dibicarakan dengan dia, nih. Akan tetapi mencari tau tentang dia-nya jangan berlebihan, ya! 

  1. Jujur dengan perasaan sendiri

Berkaitan dengan red flags, perlu bagi kalian untuk tidak memaksakan perasaan kalian sendiri. Apabila kalian merasa tidak nyaman, sebaiknya telusuri perasaan tersebut secara lebih dalam mengenai apa yang membuat kalian tidak nyaman? Mengapa kalian merasa seperti itu?

Jujur dengan perasaan kalian sendiri dapat membantu kalian untuk lebih jernih dan matang ketika mengambil keputusan, loh!

Nah, itu dia beberapa tips dari I Am Okay untuk membantu PDKT kalian dengan si dia. Semoga tambah lancar ya PDKT-nya!

Desain oleh: Nanda Luthfiah
Penulis: Litara Fathin
Editor: Noor Faa’izah

Referensi:

  1. Adams, H. L., & Williams, L. R. (2011). Advice from teens to teens about dating: Implications for healthy relationships. Children and Youth Services Review, 33(2), 254-264. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2010.09.008 
  2. Cantor, C. (2021, August 6). 3 Crucial dating mistakes: Errors to avoid in order to find your partner. Psychology Today. https://www.psychologytoday.com/intl/blog/modern-sex/202108/3-crucial-dating-mistakes 
  3. DiDonato, T. E. (2021, January 29). How to start a relationship? It Boils down to 6 steps. Psychology Today. https://www.psychologytoday.com /intl/blog/meet-catch-and-keep /202101/how-start-relationship-it-boils-down-6-steps
I Am Okay
I Am Okay merupakan wadah kolaborasi sosial berbentuk kampanye edukasi pentingnya kesehatan mental bagi remaja Indonesia.