I Am Okay Indonesia

Wajib Baca Ini Kalau Kamu Lagi Iri Sama Pacar!

Wajib Baca Ini Kalau Kamu Lagi Iri Sama Pacar! – Aku dan pacarku punya bisnis yang berbeda. Tapi, usaha dia laku banget! Pesanan kuenya bisa puluhan tiap hari.. Sementara, katering aku cuma beberapa orang per minggu. Sebagai pacar yang baik, harusnya aku seneng kan? Selain karena kesuksesan dia, pemasukannya juga dia bagi untuk bantu modal kateringku. Tapi.. aku tetep iri!” 

Siapa yang familiar dengan narasi di atas? Pacar berprestasi, punya bisnis sukses, jadi pejabat kampus mungkin terkesan membanggakan, tapi kok malah timbul rasa iri ya?

Iri adalah perasaan yang muncul ketika kita ingin memiliki apa yang dimiliki orang lain. Perasaan ini bisa muncul kepada siapa saja, dari teman, pacar, hingga orang asing. Berbeda dengan cemburu yang melibatkan ancaman dari pihak ketiga, iri adalah perasaan yang muncul antara 2 pihak saja.

Dari Mana Iri Datang?

Iri muncul ketika salah satu pihak dalam hubungan menganggap pencapaian pihak lain sebagai gambaran kekurangannya. Lebih lanjut, ia menganggap orang lain akan memandang dirinya kurang hebat dibanding sang pacar. 

Gimana Mengatasi Rasa Iri?

Seperti semua perasaan lain, iri yang berlebihan dan tidak terkontrol hanya akan merusak hubungan. Simak 3 tips di bawah ini untuk mengendalikannya!

1. Akui Perasaanmu

Banyak orang yang mengelak dari perasaan iri karena malu atau gengsi. Bukannya mengakui dirinya iri, seseorang bisa saja marah atau menyalahkan pasangan karena alasan lain. Hal ini hanya semakin memperburuk keadaan. Maka, cobalah jujur dengan pasangan mengenai apa yang kamu rasakan.

2. Coba Pikir Kembali

Coba berhenti sejenak dan evaluasi pikiran negatif yang menjadi sumber rasa iri. Kehadiran dan dukunganmu selama ini mungkin memotivasi sang pacar untuk lebih sukses. Pacarmu mungkin lebih pintar, tapi kamu juga punya bidang lain yang lebih kamu kuasai.

3. Minta Bantuan

Kamu bisa menjadikan rasa iri sebagai motivasi untuk meningkatkan diri, lho. Cobalah minta bantuan dan evaluasi dari orang sekitar mengenai bagaimana kamu bisa semakin mengembangkan diri.

Iri Ada Manfaatnya?

Mau ga mau, aku harus mengevaluasi bisnis kateringku yang kalah jauh dari pacar. Hal ini membuatku sadar bahwa sebenarnya aku hanya tertarik foto makanannya saja, bukan bisnis secara keseluruhan. Aku banting setir ke dunia fotografi dan menjual jasa fotografi pada bisnis makanan. Aku lebih nyaman dan pemasukanku cukup meningkat.” 

Seperti semua emosi negatif lain, jika dikelola dengan baik, rasa iri bisa memicu perubahan positif dan bermanfaat.

Yang Iri Pacarku, Mesti Gimana?

Rasa iri pacarmu bukan alasan menahan diri untuk berkembang. Kamu bisa tetap meraih berbagai hal dan menjaga hubungan dengan pacar yang sedang iri dengan menghargai, mendengarkan, dan mendukung usaha yang dilakukannya. 

Kamu dan pacarmu memang memiliki pencapaian dan keahlian yang berbeda. Namun, kalian tetap setara dan sama berharganya bagi satu sama lain.

I Am Okay
I Am Okay merupakan wadah kolaborasi sosial berbentuk kampanye edukasi pentingnya kesehatan mental bagi remaja Indonesia.