I Am Okay Indonesia

Yuk Berhenti Menjadi Boros!

Apakah kamu termasuk orang sering mengikuti Harbolnas alias hari belanja nasional tiap bulannya? Atau termasuk orang yang mudah tergiur dengan kata “diskon”, “flash sale” atau “cashback” ? Siapa yang tidak suka berbelanja? Kegiatan satu ini seolah menjadi salah satu cara pelepas penat dan hal paling menyenangkan untuk dilakukan. Tak ada salahnya dengan berbelanja.

Namun ketika hal ini secara terus menerus dilakukan tanpa kontrol dan perhitungan, apalagi hanya sekedar melepas hasrat “pengen” dan bukan “butuh”, itu namanya kamu sudah berada pada tahap pemborosan. Boros bisa diartikan sebagai kebiasaan menggunakan uang untuk memenuhi keinginan dan sekadar bersenang-senang secara berlebihan.

Pemborosan ini seolah menjadi gaya hidup, khususnya di kota-kota besar. Sebab kita dipengaruhi oleh perkembangan gaya hidup yang sangat cepat. 

Efek Buruk Menjadi Boros

Menjadi boros tidak hanya berdampak pada keuanganmu saja.

Berikut merupakan efek buruk ketika kamu menjadi seorang yang boros:

1. Menghabiskan Uang atau bahkan Tabungan Kamu

Ketahuilah menjadi boros akan menghabiskan uangmu begitu saja. Lebih jauh, kamu bahkan akan berani mengambil tabungan kamu untuk melepaskan hasrat berbelanja. 

2. Kamu Menjadi Lebih Gampang Berhutang

Ketika uang pribadimu sudah terbatas, tapi keinginan berbelanja tidak kamu batasi, tanpa sadar kamu menjadi lebih gampang berhutang ke orang lain.

3. Selalu Merasa Kekurangan

Jika kamu memiliki kebiasaan membeli barang-barang terbaru dan mahal, ini akan membuat kamu kecanduan. Kamu selalu tidak puas dengan apa yang kamu miliki saat ini dan  ingin terus memiliki barang-barang baru. Rasa kekurangan yang kamu alami ini akan berdampak pada kehidupan kamu.

4. Dihantui Rasa Takut atau Bahkan Rentan Stres

Menjadi boros sangat berefek pada aspek kehidupan kamu, kamu. Rasa takut akhirnya muncul karena kamu merasa tidak bisa mengikuti perkembangan zaman. Belum lagi ketakutan akan hutang. Beban pikiran kamu akan semakin banyak yang bisa menyebabkan kamu menjadi stres.

Bagaimana Mengatasinya?

Meski secara sadar kamu tahu hal ini sebenarnya buruk, namun kebiasaan boros sangat sulit dihindari. Namun bukan berarti tidak bisa. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi kebiasaan boros kamu:

1. Membuat Anggaran

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah membuat anggaran bulanan. Mulai dari pemasukan, pengeluaran hingga dana darurat. Kamu bisa memulainya dengan menghitung pemasukan tetap kamu. Dari situ kamu mengalokasikannya ke hal-hal urgent seperti uang makan, transport, komunikasi, kesehatan dan lainnya. Jangan lupa sisihkan untuk tabungan dan dana darurat. Sisanya, kamu bisa menggunakannya untuk berbelanja.

2. Lebih sering makan di rumah

Selain hemat, makan di rumah sendiri juga lebih sehat. Karena kamu sendiri yang mengolahnya, sehingga kebersihan dan keamanannya terjamin.

3. Berhemat secara perlahan

Berhemat secara ekstrim memang hal yang sangat sulit atau bahkan mustahil dilakukan. Oleh karena itu jalankan hal ini secara perlahan dan terencana. Mulailah dari hal-hal kecil yang terlihat mudah untuk dilakukan. Misalnya mengurangi jalan dan jajan.

4. Jangan Terpengaruh dengan Lingkungan dan Trend

Tidak salah memang mengikuti trend yang sedang ada. Karena pada dasarnya kita selalu ingin diterima di lingkungan kita. Salah satu caranya dengan mengikuti perkembangan trend. Namun ketika hal ini berdampak buruk kepada kamu, sebaiknya kamu lebih bijak lagi untuk mengikutinya. Jangan sampai karena keinginan diterima di lingkungan, kamu menjadi sangat boros terhadap sesuatu yang sebenarnya kamu tidak butuhkan. Lupakan gengsimu.

5. Jika Ingin Membeli Sesuatu, Tanyakan Pada Diri Sendiri Apakah Karena Ingin atau Butuh?

Menginginkan sesuatu dan membutuhkan sesuatu adalah dua hal yang berbeda. Menginginkan sesuatu berkaitan dengan nafsu sesaat dimana kamu hanya ingin memuaskan hasrat akan sesuatu. Sementara membutuhkan sesuatu merupakan hal pokok yang harus dimiliki untuk mendukung kehidupan kamu.

Misalnya kamu ke toko baju, kamu melihat baju yang sangat cantik dan lagi hits. Meski harganya mahal, tanpa berpikir panjang kamu ingin membelinya karena ingin mengikuti trend. Sementara kebutuhan kamu sebenarnya hanyalah pakaian. Tidak perlu pakaian yang lagi hits apalagi mahal.

Mulai sekarang, kamu sebaiknya memilih gaya hidup yang sehat dengan cara menghindari hal-hal yang membuat kamu menjadi boros. Cobalah untuk mulai hidup sederhana asal bahagia dengan apa yang kamu miliki sesuai dengan kebutuhan.

Desain oleh: Farah Shalihah
Penulis: Abd Hamid
Editor: Nida Zhafira R

Referensi:

  1. https://www.allianz.co.id /explore/detail/4-pola-gaya-hidup-boros-yang-perlu-kamu-hindari/98266
  2. https://economy.okezone.com /read/2020/02/15/320/2168845/kiat-keluar-dari-gaya-hidup-boros-lupakan-gengsi?page=1
  3. https://bprwm.co.id /stop-boros-ikuti-6-strategi-aman-untuk-mengatur-keuangan/
  4. https://www.idntimes.com /life/inspiration/martha-telaumbanua/dampak-negatif-apabila-suka-boros-c1c2/5
  5. https://ottopay.id /4-tips-agar-kamu-tidak-boros-dalam-keuangan/
I Am Okay
I Am Okay merupakan wadah kolaborasi sosial berbentuk kampanye edukasi pentingnya kesehatan mental bagi remaja Indonesia.